Comscore Tracker

Abdee Slank Trending, Kompetensi Jadi Komisaris Telkom Dipertanyakan

Banyak warganet yang membela Abdee Slank juga

Jakarta, IDN Times - Daftar trending topic media sosial Twitter diramaikan berbagai kata kunci pada Sabtu (29/5/2021). Empat di antaranya adalah kata kunci Abdee, Komisaris, Telkom, dan BUMN.

Rinciannya, hingga pukul 14.30 WIB, kata kunci Abdee disertakan setidaknya oleh 18,8 ribu cuitan, Komisaris sebanyak 38,5 ribu cuitan, Telkom sebanyak 10,8 ribu cuitan, dan BUMN 12,5 ribu cuitan.

Mayoritas cuitan itu terkait dengan ditunjuknya gitaris band legendaris Slank Abdi Negara Nurdin, atau dikenal dengan Abdee Slank, sebagai Komisaris Independen PT Telkom Indonesia Tbk. Abdee Slank ditetapkan sebagai petinggi perusahaan BUMN itu pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Jumat (29/5/2021).

Penunjukan sosok relawan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Pilpres 2019 itu pun menuai begaram respons dari warganet. Ada yang mendukung, ada pula yang mempertanyakan kompetensi Abdee Slank sebagai komisaris independen.

1. Pro kontra warganet dengan jabatan baru Abdee Slank

Abdee Slank Trending, Kompetensi Jadi Komisaris Telkom Dipertanyakaninstagram.com/abdeenegara

Baca Juga: Tambah Abdee Slank, Ini 10 Relawan Jokowi yang Jadi Petinggi BUMN

Dukungan untuk Abdee Slank salah satunya dicuitkan akun @MPutih75. Akun itu meyakini Menteri BUMN Erick Thohir mengetahui sosok Abdee Slank yang akhirnya diberi jabatan komisaris independen.

"Ada kalanya kita tidak mengetahui sesuatu yang orang lain lebih tahu dari kita. Pak Erick Thohir mungkin lebih tahu tentang Abdee, makanya beliau mempercayakan untuk menjadi komisaris. Lebih baik Abdee daripada kadrun yang jadi komisaris. Pak Erick tidak salah pilih," tulis akun tersebut.

Sementara, akun @Bala_Radja juga turut memberikan dukungan kepada Abdee Slank.

"Abdee jadi Komisaris Telkom kok banyak yang ribut? Bilang kompetensinya apa? Lah elu siapa? Abdee itu karya dan prestasi dibidangnya luar biasa! Slank itu band legend di Indonesia, menginspirasi berjuta-juta anak-anak muda. Kalau elu yang komisaris, baru pantes diributin. Paham?" tulisnya.

Akan tetapi, tak sedikit juga warganet yang menyindir jabatan Abdee Slank sebagai komisaris independen Telkom tersebut lantaran mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Seperti, cuitan yang dibuat akun @IFanbaee_ .

"Dari Abdee kita belajar, ngeband doang tanpa menjilat, mentok jadi band pensi," tulis akun tersebut.

Selain itu, akun @tehria1214 juga ikut mengkritik terpilihnya Abdee Slank sebagai komisaris Independen. Ia mempertanyakan kompetensi gitaris band legendaris tersebut.

"Gak apa-apa si politik asal sesuai bidangnya. Asal kompeten gitu loh. Abdee kan bidangnya seni musik, mayan jauh banget gitu loh ke bidang teknologi komunkasi," ujar akun tersebut.

2. Abdee Slank dukung Jokowi pada Pilpres 2019

Abdee Slank Trending, Kompetensi Jadi Komisaris Telkom DipertanyakanInstagram/@abdeenegara

Sebagaimana diketahui, pada Pilpres 2019, Abdee Slank memang menjadi salah satu tokoh publik yang mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Abdee Slank pernah mengunggah dukungannya kepada Jokowi.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Abdee Slank terlihat bersama dengan Jokowi sambil bersalaman dengan 'salam jempol'. Salam itu merupakan ciri khas dari pasangan Jokowi-Ma'ruf saat berkampanye.

Di video itu, Abdee Slank juga menuliskan sebuah caption yang menunjukkan dukungannya kepada Jokowi.

"Salam Dua Jari udah lewat, itu 2014. Sekarang 2019 saatnya Salam Jempol Jokowi," tulis Abdee Slank pada 10 Januari 2019 lalu.

3. Abdee Slank dan Bambang Brodjonegoro jadi Komisaris Telkom

Abdee Slank Trending, Kompetensi Jadi Komisaris Telkom DipertanyakanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain Abdee Slank, eks Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro juga menjabat sebagai Komisaris Independen dan Utama Telkom menggantikan Rhenald Kasali. Keputusan tersebut diambil melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Jumat (28/5/2021).

Berikut ini daftar komisaris dan direksi Telkom:

Komisaris Telkom

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Bambang Brodjonegoro
Komisaris Independen: Wawan Iriawan
Komisaris Independen: Bono Daru Adji
Komisaris Independen: Abdi Negara Nurdin
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Rizal Mallarengeng
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Arya Mahendra Sinulingga

Direksi Telkom

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setiawan Wijaya
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Keuangan: Heri Supriadi
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Wholesale & International Service: Bogi Witjaksono
Direktur Digital Business: Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Human Capital Management : Afriwandi
Direktur Consumer Service: Venusiana Papasi

Baca Juga: Abdee Slank Resmi Menjabat Komisaris Independen PT Telkom Indonesia

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya