Ada PAN di Pertemuan Jokowi dan Koalisi, NasDem: Gak Bahas Reshuffle

Terdapat lima isu yang dibahas dalam pertemuan

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G Plate, menegaskan pertemuan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan para ketua umum partai politik koalisi di Istana Negara, Jakarta Pusat, tidak membahas soal isu reshuffle kabinet. Meski, ada PAN dalam pertemuan tersebut.

PAN menjadi wajah baru dalam pertemuan partai politik koalisi pemerintah tersebut. Namun, menurut Johnny, isu yang dibahas dalam pertemuan hanya soal perkembangan COVID-19 hingga rencana pembangunan ibu kota baru.

"Topiknya bukan topik reshuffle kabinet, topiknya bukan pembahasan pelebaran koalisi atau tambahan anggota baru dalam koalisi," kata Johnny dalam dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube KOMPASTV, Rabu (25/8/2021) malam.

1. Terdapat lima isu yang dibahas dalam pertemuan Jokowi dengan parpol

Ada PAN di Pertemuan Jokowi dan Koalisi, NasDem: Gak Bahas ReshufflePresiden Jokowi bertemu ketum partai politik di Istana Negara, Jakarta Pusat (Dok.PDIP)

Johnny menyampaikan pertemuan tersebut membahas lima topik. Ia merinci topiknya adalah perkembangan COVID-19, pemulihan ekonomi nasional, strategi ekonomi dan bisnis negara, otonomi daerah dan sistem pemerintahan, serta soal ibu kota negara (IKN).

"Para ketum memberikan pendapat, pandangan, dan saran kepada presiden dimulai dari Ibu Megawati dan ditutup oleh Bapak Surya Paloh Ketum Partai NasDem," ucap Johnny.

"Pada intinya, memberikan dukungan dan apresiasi atas kinerja pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19 dengan capaian-capaian yang terukur. Para ketum mendukung rencana presiden melalui proses politik yang demokratis dan tetap berkualitas dalam check and balances," lanjutnya.

Baca Juga: Pertemuan Jokowi-Parpol Koalisi Ditutup Makan Malam: PAN Sahabat Baru

2. Johnny sebut pertemuan berlangsung sangat bersahabat

Ada PAN di Pertemuan Jokowi dan Koalisi, NasDem: Gak Bahas ReshuffleMenkominfo Johnny G Plate (Dok. ANTARA News)

Johnny juga menyampaikan, pertemuan Jokowi dengan pimpinan parpol itu berlangsung sangat bersahabat. Dia juga mengatakan, semangat gotong royong turut terjalin ketika pertemuan digelar.

"Suasana pertemuan sangat bersahabat dan dalam suasana kekompakan yang sangat mewarnai pertemuan. Semangat gotong royong akan selalu menjadi panduan pengambilan keputusan kebijakan yang partisipatif," tutur Johnny.

3. Partai politik yang hadir dalam pertemuan

Ada PAN di Pertemuan Jokowi dan Koalisi, NasDem: Gak Bahas ReshufflePresiden Jokowi bertemu ketum partai politik di Istana Negara, Jakarta Pusat (Dok.PDIP)

Pertemuan di Istana itu dihadiri tujuh ketua umum dan sekjen partai politik. Di antaranya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketum Nasdem Surya Paloh didampingi Sekjen Johnny Plate, Ketum Golkar Airlangga Hartarto didampingi Sekjen Lodewijk Paulus, Ketum PKB Muhaimin Iskandar didampingi Sekjen Hasanuddin Wahid.

Hadir juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto didampingi Ahmad Muzani dan Ketum PPP Suharso Monoarfa didampingi Sekjen Arwani Thomafi.

Selain itu, ada wajah baru dari kumpulan partai koalisi dalam pertemuan tersebut, yakni PAN. Ketum PAN Zulkifli Hasan didampingi Sekjen Eddy Soeparno tampak ikut serta dalam pertemuan yang diadakan Jokowi tersebut.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Ketum Parpol Koalisi di Istana, PAN Ternyata Ikut Hadir

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya