Alasan Jokowi Mulai Keluarkan Ungkapan Sindiran

Jokowi mulai merasa tak nyaman dengan isu yang menyerangnya

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko mengatakan, ada alasan mengapa Joko "Jokowi" Widodo semakin reaktif menanggapi serangan-serangan dari kubu lawan. Menurutnya, saat ini Jokowi tidak harus bertahan terus. 

Ada kalanya Jokowi harus melawan. Kira-kira apa ya alasan Jokowi mulai reaktif ikut memberikan sindiran-sindiran kepada kubu lawan?

Seperti diketahui, Jokowi-Ma'ruf Amin akan menghadapi pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden 2019.

1. Jokowi mulai merasa tak nyaman dengan isu yang menyerangnya

Alasan Jokowi Mulai Keluarkan Ungkapan SindiranANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga

Memasuki tahun politik, menurut Moeldoko, semakin banyak isu-isu yang digunakan untuk menyerang Jokowi. Beberapa isu hoaks juga dilontarkan untuk menyerang Jokowi. Hal itulah salah satu alasan yang membuat Jokowi semakin tidak nyaman, akhirnya ikut menyerang.

"Ketidaknyamanan itu muncul istilah yang dikritisi. Tapi memang harus begitu, kita gak boleh lagi hanya bertahan doang," kata Moeldoko di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

2. Moeldoko minta kubu lawan berikan program-progam ke depannya

Alasan Jokowi Mulai Keluarkan Ungkapan SindiranDok. IDN Times

Terkait dengan sindiran kubu lawan tentang pernyataan Jokowi sebagai petahana yang dinilai kurang substansial, Moeldoko mengampaikan bahwa harusnya kubu lawanlah yang justru memikirkan substansi dari program mereka ke depannya.

"Justru sekarang itu mari kita sama-sama memikirkan lebih subtansi, jangan mikir gak-gak, apalagi melemparkan sesuatu yang tidak nyaman bagi semua," jelas Moeldoko.

Baca Juga: Sebutan Budek-Buta Jadi Polemik, Ma'ruf: Apa Saja Dipolitisasi

3. Moeldoko sebut Jokowi selalu membicarakan program dalam sambutannya

Alasan Jokowi Mulai Keluarkan Ungkapan Sindiran(Presiden Joko Widodo)/ Dok. Partai Solidaritas Indonesia

Selama ini, lanjut Moeldoko, Jokowi selalu menyampaikan tentang program-programnya selama di pemerintahan. Hal itu, imbuhnya, disampaikan Jokowi saat memberi sambutan dalam sebuah acara.

"Jadi kalau dikatakan belum membicarakan program, gak juga. Wong Pak Jokowi sudah memikirkan bagaimana ke depannya dalam menghadapi lingkungan yang seperti ini," terang dia.

Baca Juga: JK Sebut 'Sontoloyo' dan 'Genderuwo' Bagian dari Kampanye Negatif

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Sunariyah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya