ATC Sempat Setujui Lion Air TJ 610 Kembali ke Bandara

Apa yang kemudian terjadi pada Lion Air?

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada Senin pagi (29/10). Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Bandara Soekarno Hatta, Bagus Sunjoyo membenarkan bahwa pilot sempat meminta izin untuk kembali. 

Namun, Bagus mengaku belum mengetahui alasan pasti mengapa pilot meminta Return to Base (RTB). "Betul, ada laporan bahwa pesawat request untuk RTB. Request (RTB) dalam perjalanan," kata Bagus di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Mendapati permintaan dari pilot untuk RTB, Bagus menjelaskan bahwa permintaan itu kemudian ditanggapi Air Traffic Control (ATC). "Request untuk RTB disetujui," jelasnya.

Tetapi, pesawat tiba-tiba hilang kontak pada pukul 06.31 WIB. 

Hingga kini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih terus berkomunikasi dengan Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengetahui kondisi terbaru dari pesawat Lion Air JT 610.

Pesawat ini lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB. Pesawat jenis Boeing 737 MAX tersebut diduga jatuh sekitar 13 menit setelah itu. 

Baca Juga: 8 Jam Berlalu Sejak Lion Air JT 610 Jatuh, Bagaimana Nasib Penumpang?

Baca Juga: Lion Air JT 610 Jatuh, Ini Tanggapan Boeing

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya