Bangun RS Internasional Bali, Jokowi: Tak Perlu Berobat ke Luar Negeri

Jokowi sebut RI kehilangan Rp97 T jika rakyat ke luar negeri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Rumah Sakit Internasional Bali di kawasan wisata Sanur, Kota Denpasar. Dengan adanya RS Internasional ini, Jokowi berharap masyarakat tidak perlu lagi berobat di luar negeri.

Ia mengatakan masyarakat nantinya bisa memanfaatkan fasilitas di rumah sakit internasional tersebut.

"Kita akan memulai pembangunan Rumah Sakit Bali International Hospital yang ini nantinya akan bekerja sama dengan Mayo Clinic dari Amerika. Kita harapkan nanti jadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) kesehatan dan kita harapkan, tidak ada lagi, kalau ini jadi, tidak ada lagi rakyat kita, masyarakat kita yang pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/12/2021).

1. Jokowi sebut RI kehilangan Rp97 triliun jika masyarakat berobat ke luar negeri

Bangun RS Internasional Bali, Jokowi: Tak Perlu Berobat ke Luar NegeriPresiden Jokowi groundbreaking pembangunan Rumah Sakit Internasional Bali pada Senin (27/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menuturkan setiap tahunnya kurang lebih ada dua juta masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri, misalnya Singapura, Malaysia, Jepang, hingga Amerika Serikat. Hal itu, kata dia, membuat Indonesia harus kehilang Rp97 triliun.

"Kita kehilangan Rp97 triliun karena itu, sehingga saya sangat menghargai apa yang telah digagas dan ini hari ini akan dimulai digagas oleh Menteri BUMN, Pak Erick Thohir beserta seluruh timnya. Dan kita harapkan sekali lagi, setelah selesainya Rumah Sakit Bali International Hospital ini benar-benar semuanya tidak ada yang  pergi ke luar," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Bali dan Sulteng Hari Ini

2. Jokowi sebut RS Internasional Bali bisa jadi tempat wisata kesehatan

Bangun RS Internasional Bali, Jokowi: Tak Perlu Berobat ke Luar NegeriPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Bali dan Sulawesi Tenggara pada Senin (27/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap masyarakat akan mengunjungi RS Internasional Bali daripada ke luar negeri. Jokowi menilai RS tersebut bisa sekaligus menjadi tempat destinasi wisata kesehatan.

"Kita harapkan tidak orang kita yang ke luar, tapi orang luar yang akan masuk ke Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya, karena di sini ada kerja sama kita dengan Mayo Clinic yang sudah sangat terkenal," ucap Jokowi.

3. Jokowi harap pertengahan 2023, RS Internasional Bali sudah beroperasi

Bangun RS Internasional Bali, Jokowi: Tak Perlu Berobat ke Luar NegeriPresiden Jokowi groundbreaking pembangunan Rumah Sakit Internasional Bali pada Senin (27/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi pun berharap RS Internasional Bali sudah selesai dibangun dan bisa segera dioperasikan pada pertengahan 2023.

"Saya harapakan apa yang tadi disampaikan oleh Pak Menteri BUMN bahwa tidak hanya rumah sakit tetapi juga obat, bahan baku obat jangan sampai kita mengimpor lagi. Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan kita produksi sendiri di negara kita," tutur Jokowi.

Baca Juga: Survei SMRC Sebut Kinerja Jokowi Selama 2021 Cukup Memuaskan

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya