Begini Percakapan Jokowi bersama BJ Habibie Melalui Video Call

BJ Habibie kini jalani pengobatan di Jerman karena sakitnya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo sore ini melakukan video call bersama BJ Habibie. Habibie sendiri saat ini tengah melakukan pengobatan di Jerman.

Sekitar pukul 16.30 WIB, Jokowi tiba di ruangan Presidential Lounge untuk menerima video call bersama dengan Habibie. Dalam video call tersebut, Habibie menceritakan tentang kondisinya saat ini setelah melakukan operasi ginjal.

Seperti apa kira-kira perbincangan mereka?

1. Jokowi dan Habibie melakukan video call

Begini Percakapan Jokowi bersama BJ Habibie Melalui Video CallIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di layar itu, tampak Habibie sudah terduduk dengan pakaian yang rapi, hendak menyapa Jokowi. Dengan mengenakan jas berwarna hitam dan baju berwarna hitam, beserta peci hitamnya, Habibie tersenyum ketika melihat Jokowi dan Menko Polhukam Wiranto masuk menyapanya.

"Selamat sore, Bapak Presiden," sapa Habibie ramah.

Jokowi pun tersenyum dan berkata, "Selamat sore, prof," kata Jokowi membalas sapaan Habibie.

"Gimana kabar, prof?" tanya Jokowi.

"Baik, semakin sehat," ujar Habibie.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Habibie di RSPAD

2. Habibie menceritakan kondisinya kepada Jokowi

Begini Percakapan Jokowi bersama BJ Habibie Melalui Video CallIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, Habibie menceritakan tentang kondisinya saat ini. Ia bercerita kepada Jokowi bahwa dirinya telah melakukan operasi pada ginjalnya. Bukan hanya ginjal saja, rupanya, Habibie juga harus melakukan operasi pada kedua matanya.

"Diperbaiki bukan hanya ginjal, tapi mata. Bulan depan matanya kanan-kiri dioperasi. Nanti gak berat karena ganti lensa aja. Nanti ginjalnya agak berat. Tetapi mereka itu pakai teknologi mutakhir, pakai namanya bioresonans," cerita Habibie kepada Jokowi.

"Apa itu, prof?" tanya Jokowi tak begitu familiar dengan teknologi tersebut.

"Itu tiap benda ada tekanannya, dan itu kalau dikasih frekuensi dia ikut bergetar. Itu resonansi. Mereka ukur seluruh badan saya, dia tahu tiap organ memiliki resonansi, dari situ dia bisa deteksi yang mana yang oke, yang mana yang tidak oke. Kalau tidak oke, dia perbaiki dengan memberikan program, itu ternyata tidak pakai obat," jelas Habibie kepada Jokowi.

"Oh iya, iya," respons Jokowi sambil mendengarkan penjelasan Habibie.

"Jadi, dalam hal ini saya tadi hanya akan diberikan pengobatan, dianalisis pertama dan dikatakan, diberikan 6 bulan sampai 12 bulan saya ganti mesin. Tapi itu bisa 6 tahun, ya tapi semua di tangan Allah," lanjut Habibie.

3. Jokowi mengatakan pemerintah siap memberikan bantuan pengobatan terhadap Habibie

Begini Percakapan Jokowi bersama BJ Habibie Melalui Video CallIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah mendengarkan cerita tentang kondisi Habibie saat ini, Jokowi pun mulai mendoakannya agar tetap sehat selalu. Dan ia mengatakan bahwa negara siap untuk membantu biaya pengobatannya.

"Semoga Pak Habibie selalu diberikan kesehatan oleh Allah. Kami semuanya di Tanah Air seluruh rakyat selalu mendoakan untuk kesehatan bapak. Dan kalau ada hal-hal yang diperlukan, kami juga sudah perintahkan kepada Mensesneg (Pratikno) untuk pelayanan kesehatan yang dibutuhkan bapak, kami siap untuk melayani," jelas Jokowi.

4. Habibie sebut pengobatannya telah dibantu asuransi

Begini Percakapan Jokowi bersama BJ Habibie Melalui Video CallIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mendengar Jokowi mengatakan hal itu, Habibie mengucapkan terima kasih. Ia menyampaikan bahwa pengobatannya selama ini sudah dibiayai oleh asuransi yang sudah ditanamnya sejak tahun 1960-an. "Terima kasih, syukur alhamdulillah, sampai sekarang saya di-cover oleh asuransi kesehatan sejak tahun 1960. Jadi saya asuransi tetap saya bayar," ungkap Habibie.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Putra Sulung BJ Habibie Masuk Tim Pemenangan Prabowo

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya