Begini Persiapan Jokowi Hadapi Debat Pilpres Kedua Malam Ini

Ma'ruf Amin akan datang menemani Jokowi nanti malam

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, dan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, masing-masing telah mempersiapkan diri menghadapi debat kedua di Pilpres 2019.

Debat yang akan digelar Minggu (17/2) malam, akan dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB, di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Adapun tema debat kedua yaitu Sumber Daya Alam, Energi dan Pangan, Lingkungah Hidup, dan Infrastruktur.

Menjelang beberapa jam sebelum debat kedua dilakukan, tentu kedua capres memiliki persiapan masing-masing. Lantas, bagaimana persiapan Jokowi di debat kedua kali ini?

1. Jokowi membuka hari dengan berlari pagi di Kebun Raya Bogor

Begini Persiapan Jokowi Hadapi Debat Pilpres Kedua Malam IniDok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Sebelum menuju lokasi debat, tampaknya Jokowi memilih untuk rileks dengan berlari pagi di area Kebun Raya Bogor. Dengan mengenakan jaket berwarna merah dan celana panjang hitam, terlihat Jokowi tengah berlari pagi dengan ditemani oleh Paspampres.

"Saat berlari, Presiden Jokowi didampingi Ajudan Presiden Kolonel Pnb. Mohammad Nurdin dan Asisten Ajudan Presiden Kapten Teddy Indra Wijaya serta beberapa anggota Paspampres," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/2).

Jokowi berangkat dari kediamannya di Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 9.30 WIB. Lalu, ia berlari menuju Kebun Raya Bogor.

Saat berlari, Jokowi juga tak lupa untuk menyapa masyarakat yang berada di sekitar Kebun Raya Bogor dan melayani permintaan foto dari masyarakat.

Setelah kurang lebih satu jam berlari pagi, Jokowi pun kembali ke kediamannya pada pukul 10.40 WIB.

Baca Juga: Tak Ada Batas Durasi Saat Jokowi dan Prabowo Debat Terbuka

2. Ma'ruf akan hadir menemani Jokowi saat debat

Begini Persiapan Jokowi Hadapi Debat Pilpres Kedua Malam IniANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sementara, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, akan ada element of surprise dalam penampilan Jokowi hari ini. Malam ini, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin juga akan hadir menemani Jokowi.

"Dengan demikian antara Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf itu merupakan kesatupaduan kepemimpinan itu. Kiai Ma'ruf juga hadir karena kekuatan doa sangat diperlukan dan salah satu peran sangat penting Kiai Ma'ruf Amin," jelas Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Minggu (17/2).

3. Pakaian Jokowi mencerminkan kepemimpinan nusantara

Begini Persiapan Jokowi Hadapi Debat Pilpres Kedua Malam IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk pakaian yang akan digunakan oleh Jokowi dalam debat kedua, Hasto enggan memberitahu lebih pasti. Ia hanya mengatakan bahwa nanti Jokowi dan TKN akan mengenakan pakaian yang beragam, mencerminkan pelangi nusantara.

"Semua warna menjadi pelangi nusantara bagi kepemimpinan Pak Jokowi. Beberapa ketua umum hadir ya bagi-bagi tugas, ya kalau yang pertama itu kan Ibu Megawati Soekarnoputri hadir ya nanti," kata Hasto.

4. 200 Paspampres siap amankan jalannya debat kedua

Begini Persiapan Jokowi Hadapi Debat Pilpres Kedua Malam IniANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sebanyak 200 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan membantu mengamankan jalannya debat capres kedua yang akan digelar di Golden Ballroom Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/2).

Asisten Operasi Paspampres, Prabowo mengatakan bahwa jumlah personel yang diturunkan cukup untuk memastikan keamanan acara.

"Mencukupi, Paspampres kurang lebih 200 orang," ujarnya.

Tak hanya Paspampres, Polda Metro Jaya menyatakan pengaturan dan pengamanan debat capres akan dilakukan hingga Simpang Semanggi dan sekitarnya. Sebanyak 2.981 personel gabungan TNI-Polri hingga Pemprov akan dilibatkan demi keamanan selama debat berlangsung.

"Pengamanan ini dasarnya adalah surat dari KPU yang akan menyelenggarakan debat putaran kedua. Setelah kami mengevaluasi dan informasi dari intelijen, kami menurunkan 2.981 personel gabungan Polri-TNI dan pemerintah," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat lalu.

Baca Juga: 5 Masalah dan Solusi Pangan yang Menarik Dibahas saat Debat Pilpres

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya