Bertemu Jokowi, Warga Ini Curhat Tak Ingin Rumahnya Digusur

Jokowi pertanyakan, itu wacana dari mana?

Bekasi, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengunjungi Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka melakukan kunjungan kerja. Saat melakukan kunjungan kerjanya, Jokowi sekaligus menemui ibu-ibu yang menjadi nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).

Program ini merupakan binaan PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM Persero) yang digulirkan sejak November 2015 lalu.

Dalam pertemuannya bersama para nasabah, Jokowi mendapatkan pertanyaan dari seorang warga yang takut rumahnya akan digusur. Mendengar hal itu, Jokowi mengaku tidak pernah memiliki rencana untuk melakukan penggusuran.

1. Jokowi ceritakan bahwa dirinya pernah mengalami penggusuran ketika kecil

Bertemu Jokowi, Warga Ini Curhat Tak Ingin Rumahnya DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat itu, Jokowi tengah menjelaskan kepada para nasabah agar berhati-hati menggunakan uang pinjaman. Dan ia juga mengingatkan agar para nasabah tidak lupa menyicil uang yang dipinjamkan.

Usai memberi arahan, Jokowi pun mempersilahkan para nasabah untuk bertanya kepadanya. Saat diberi kesempatan bertanya, ada seorang ibu yang berani bertanya tentang wacana penggusuran rumah di bantaran sungai.

"Ini katanya pak, kalau Pak Jokowi naik, rumah-rumah di bantaran akan digusur. Apa benar?" tanya salah seorang ibu di lokasi.

Menanggapi pertanyaan itu, Jokowi lalu menceritakan tentang pengalamannya saat kecil. Jokowi mengatakan bahwa dirinya juga pernah memiliki pengalaman rumahnya digusur.

"Waktu saya kecil, rumah saya di dekatan bantaran juga sama, digusur. Supaya tahu aja ibu-ibu. Saya dulu tahun 70-an rumah saya dipinggir kali dan digusur. Saya tahu beratnya dan sakitnya digusur. Jadi gak usah saya jawab. Pengalaman saya itu menjadi, selalu teringat," kata Jokowi menanggapi pertanyaan dari salah seorang warga.

2. Jokowi berpesan agar warga yang tinggal di bantaran sungai berhati-hati

Bertemu Jokowi, Warga Ini Curhat Tak Ingin Rumahnya DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mendengar cerita Jokowi itu, rupanya tak membuat yakin si ibu penanya. Kemudian ia menanyakan lagi kepada Jokowi untuk memperjelasnya.

"Jadi gak mungkin digusur?" tanyanya lagi.

"Ya kan jawabannya sudah jelas," kata Jokowi meminta si ibu menyimpulkan sendiri dari ceritanya.

"Tapi yang namanya dipinggir sungai kalau terlalu kepinggir itu juga bahaya itu. Bahaya kalau ada yang namanya banjir bandang. Saya titip hati-hati," pesan Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Sambungan Listrik Gratis di Bekasi yang Sudah Rampung

3. Jokowi pertanyakan wacana penggusuran tersebut

Bertemu Jokowi, Warga Ini Curhat Tak Ingin Rumahnya DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah memberikan pesan-pesan, Jokowi kemudian bertanya dimana si ibu penanya tinggal. Ibu tersebut mengatakan bahwa rumahnya berada tidak jauh dari jembatan yang tengah dibangun oleh Jokowi.

Lalu, Jokowi pun melontarkan pertanyaan candaan kepada ibu tersebut. Ia bertanya apakah ibu itu ingin digusur karena menanyakan hal itu.

"Apa mau digusur?" tanya Jokowi bercanda.

"Gak pak, jangan," kata si ibu membalas.

"Lah kenapa tanya?" tanya Jokowi lagi.

Kemudian si ibu penanya kembali memperjelas pertanyaannya agar mendapatkan jawabanya yang meyakinkannya.

"Kalau jembatan Bapak Jokowi selesai, katanya ini yang rumah di bantaran mau digusur semua. Dirapihin," ujarnya lagi.

"Katanya siapa?" jawab Jokowi sambil disambut tawa dari para nasabah lainnya. "Baru katanya gitu ditanyakan," lanjut Jokowi.

"Makannya saya berani bertanya biar jelas," ucap si ibu lagi.

"Ini ada Pak Bupati. Saya kira akan digusur. Katanya, wong katanya," ungkap Jokowi.

4. Kunjungan Jokowi ke Muara Gembong

Bertemu Jokowi, Warga Ini Curhat Tak Ingin Rumahnya DigusurANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kunjungan Jokowi ke Muara Gembong tersebut guna melakukan peninjauan terhadap tambak udang Vaname, bertemu para nasabah Mekaar Binaan, Mengecek listrik di rumah warga, dan juga sidal ke SMPN 1 Muara Gembong.

Kunjungan Jokowi tersebut juga ditemani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jokowi Pamer Tambak Udang Muara Gembong, Sempat Gagal Kini Sukses

Topik:

  • Sunariyah
  • Anata Siregar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya