Beruntungnya Asror! Ketemu Jokowi Langsung Diberi Beasiswa Sekolah  

Asror akan disekolahkan ke sekolah ekspor oleh Jokowi

Jakarta, IDN Times - Beruntung benar nasib Asror. Tak disangka-sangka olehnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyekolahkannya ke sekolah ekspor dengan biaya ditanggung semua oleh Presiden Jokowi. 

Jokowi bertemu Asror saat berkunjung ke Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (28/9/2021) kemarin. Asror sendiri adalah salah satu penggiat mangrove di wilayahnya. Jokowi pun menyempatkan diri berdialog dengan Asror.

Dalam kesempatan itulah, Jokowi menyarankan Asror bergabung dengan sekolah ekspor yang direkomendasikan oleh Jokowi, dengan semua biaya ditanggung oleh Presiden.

Lantas, seperti apa dialog yang terjalin antara Jokowi dan Asror?

Baca Juga: Gaya Jokowi Blusukan di Riau, Berjaket Merah dan Tanpa Alas Kaki

1. Jokowi akan sekolahkan Asror di Solo atau Jakarta

Beruntungnya Asror! Ketemu Jokowi Langsung Diberi Beasiswa Sekolah  Presiden Jokowi berdialog dengan pemuda penggiat mangrove di Bengkalis. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi duduk bersama Asror. Sambil sibuk memakai kaos kaki dan sepatu, Jokowi menanyakan tentang minat Asror untuk bergabung dalam komunitas eskpor.

“Asror ini masuk Jakarta aja. Tapi kalau gak, bisa masuk ke Shopee Ekspor School di Solo. Tapi lebih konkret yang Shopee, Shopee pasarnya ada,” kata Jokowi kepada Asisten Ajudan AKP Syarif M. Fitriansyah yang ada di hadapannya.

Kemudian, Jokowi bertanya kepada Asror tentang komoditas yang akan ia kembangkan di Bengkalis.

“Komoditasmu yang di sini apa? Misal nanti tak sekolahin di komunitas itu, di sini mau ngapain?” tanya Jokowi.

“Di sini ada hasil laut, karet juga Pak. Membantu di sini,” jawab Asror.

“Yang mau kamu ekspor?” tanya Jokowi lagi.

“Iya,” jawab Asror.

Lalu, Jokowi memuji bahwa rencana Asror itu hal yang bagus. Dia menilai Asror sudah bisa melihat peluang komoditas yang bisa dieskpor.

“Kalau kamu mau berangkat, kamu harus ngerti komoditas apa yang mau kamu ekspor dari sini. Ada kapasitasnya berapa ton atau berapa banyak. Nanti di situ juga diberitahu,” jelas Jokowi.

Setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini langsung memerintahkan asisten ajudannya menyiapkan tiket untuk Asror.

“Nanti langsung disiapkan tiketnya saja, siapkan tiket, kalau nggak yang di Jakarta, di Solo," perintah Jokowi.

2. Asror bahagia dan merasa dapat kehormatan peroleh beasiswa dari Jokowi

Beruntungnya Asror! Ketemu Jokowi Langsung Diberi Beasiswa Sekolah  Asror, pemuda penggiat mangrove di Bengkalis. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mendapatkan kesempatan emas untuk disekolahkan oleh orang nomor satu di Indonesia, Asror mengaku sangat senang. Menurutnya, kesempatan ini adalah suatu kehormatan yang tidak ia duga.

“Alhamdulillah sangat bangga, sangat bahagia, ini kehormatan yang luar biasa. Dari kampung alhamdulillah saya bisa bertemu Pak Presiden, mendengarkan aspirasi saya, mendengarkan keluhan apa yang terjadi sekarang, dan semoga nanti bisa bermanfaat,” ujar Asror.

Baca Juga: Potret Jokowi Basah-basahan bersama Warga Tanam Mangrove di Batam

3. Asror sebut banyak potensi di kampungnya yang bisa dikembangkan

Beruntungnya Asror! Ketemu Jokowi Langsung Diberi Beasiswa Sekolah  Presiden Jokowi tanam pohon mangrove di Kota Batam pada Selasa (28/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Asror menilai banyak potensi yang bisa dikembangkan dari kampungnya ini. Karena itu, ia memanfaatkan kesempatan bertemu Jokowi dan meminta agar bisa bergabung dengan komunitas ekspor Indonesia.

“Saya melihat banyak sekali potensi-potensi dari kampung kami yang bisa dikembangkan, salah satunya hasil lautnya, kemudian para petani-petani karet, dan lain-lain,” kata Asror.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya