Blak-blakan, Zulkifli Hasan Bongkar "Isi Dapur" Koalisi Prabowo

Cerita di balik alotnya penentuan cawapres Prabowo

Jakarta, IDN Times -  Kubu Prabowo Subianto tergolong alot dalam menentukan calon wakil presiden. Dari sekian banyak nama yang mencuat, pilihan koalisi akhirnya jatuh pada Sandiaga Uno yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pun bersedia membongkar "isi dapur" koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga pada perayaan HUT PAN ke-20 di Jakarta, Kamis malam (23/8).

Saat memberi sambutan,  Zulkifli selalu memanggil beberapa tokoh untuk memberikan satu dua pesan kepada PAN di hari ulang tahunnya. Bocoran isi dapur itu dia ungkap ketika memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

1. Anies maju ke depan, Zulkifli buka "dapur" polemik capres cawapres koalisi

Blak-blakan, Zulkifli Hasan  Bongkar Isi Dapur Koalisi PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memberikan sambutan, Zulkifli kemudian memberikan panggung kepada Anies. Ia memanggil Anies dan mempersilakannya maju ke depan. "Terakhir gubernur Indonesia," kata Zulkifli, berkelakar. 

Kemudian, Anies pun maju ke depan dan tertawa. Tanpa diduga, Zulkifli kemudian mengutarakan bagaimana PAN dan koalisi merayu Anies agar mau jadi pendamping Prabowo di Pemilihan Presiden 2019. 

"Mohon maaf, memang sebelum itu kita rayu Anies terus. Sampai detik terakhir, masih ngerayu terus," ungkap Zulkifli yang langsung diiringi oleh tawa para tamu undangan.

Sebelumnya, Anies memang sempat dikabarkan menjadi kandidat kuat. Namun, Anies memutuskan untuk fokus di Jakarta dan tidak lanjut berkontesasi di nasional.

Baca Juga: Jadi Cawapres Prabowo, Sandiaga Sudah Pamit ke Anies Baswedan

2. Setiap partai miliki argumen yang berbeda dengan calon yang diajukan

Blak-blakan, Zulkifli Hasan  Bongkar Isi Dapur Koalisi PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah itu, Zulkifli pun membeberkan tentang siapa-siapa saja partai yang tidak setuju dengan pilihan para calon yang diajukan. Ia membuka mulai dari keputusan PAN, PKS, hingga Demokrat.

"Karena kalau Anies (yang dipilih), PKS senang, kami senang. Hahaha," ucap Zulkifli sambil disambung tawa semua orang.

"Kalau PKS, kami (PAN) gak senang. Kalau kami, PKS juga gak senang. Hahaha," lanjut dia masih berhasil mengocok perut tamu undangan.

Setelah ia membuka "dapur" PKS dan PAN, Zulkifli kemudian menyasar Demokrat. Sambil bercanda, ia pun membongkar bahwa PKS dan PAN juga tak setuju dengan calon yang disodorkan Demokrat. 

"Demokrat, PKS PAN gak senang. Hahaha," tambah dia yang tetap sukses membuat semua orang tertawa, termasuk Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

Baca Juga: Terima Kado Pahit di Hari Ulang Tahun, AHY: Takdir Tak Bisa Ditolak

3. Sandiaga menjadi jalan tengah perdebatan koalisi

Blak-blakan, Zulkifli Hasan  Bongkar Isi Dapur Koalisi PrabowoIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah perbedaan argumen tiap partai politik anggota koalisi, muncul nama Sandiaga Uno yang juga kader Gerindra. "Jadi, kami cari jalan tengah," jelas Zulkifli.

Usai Zulkifli membongkar rahasia koalisi, Anies pun heran dengan tingkah Zulkifli yang membuka isi dapur itu. "Semua isi dapur dibuka. Hahaha," kata Anies kepada Zulkifli dan disambut tawa semua orang.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya