[BREAKING] Peringatan HUT RI ke-76 Dimulai, 24 Ribu Partisipan Gabung Virtual

Jumlah peserta yang hadir di istana dibatasi karena pandemik

Jakarta, IDN Times - Upacara Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia telah digelar di Istana. Karena pandemik COVID-19, acara peringatan Upacara 17 Agustus tahun ini digelar secara virtual.

Sebanyak 24 ribu partisipan telah bergabung secara virtual di acara peringatan Upacara 17 Agustus kali ini. Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Sejak awal, acara telah dimeriahkan oleh sejumlah musisi Indonesia yang tampil secara virtual.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pesan-pesan dari para pemimpin bangsa seperti dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden ke-6 RI Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.

Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia hari ini digelar secara virtual karena gelombang virus corona yang masih mengancam Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan tahun ini pemerintah membatasi jumlah peserta yang hadir langsung di Istana Negara, sementara masyarakat akan diundang mengikuti upacara melalui virtual. Meski begitu, Pratikno yakin semarak 17 Agustus tidak akan mati meski digelar secara virtual.

"Tahun ini sebenarnya kita berharap sudah bisa luring, tapi kenyataannya pandemik masih berlanjut, sehingga pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," ujar Pratikno dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Upacara ini juga bisa kamu saksikan di kanal YouTube IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/xDwqDqu6758

Baca Juga: [BREAKING] Kolonel Putu Sucahyadi Jadi Komandan Upacara Peringatan HUT RI ke-76

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Yogie Fadila
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya