Comscore Tracker

Cek Jaringan Palapa Ring, Jokowi Akan Kunjungi Papua dan NTT

Jokowi hari ini resmikan Palapa Ring

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Palapa Ring, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/10). Palapa Ring atau yang disebut Tol Langit telah terdapat di 514 kabupaten atau kota.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan Palapa Ring telah dibangun di 30 kabupaten atau kota di Papua, yang tidak ada internet kecepatan tinggi.

"Palapa Ring itu seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi, jadi Jakarta-Bandung, pintu tol Bekasi sudah dibuka, pintu Karawang sudah dibuka, nanti dibangun dari pintu-pintu tol ke dalamnya, aksesnya oleh teman-teman operator," jelas Rudiantara.

Menanggapi pernyataan Rudiantara tersebut, Jokowi pun mengatakan akan mengecek langsung, apakah memang jaringan-jaringan internet di wilayah Indonesia Timur sudah kencang atau belum.

Baca Juga: Proyek Palapa Ring akan Dorong Industri Manufaktur

1. Jokowi sebut ada ketimpangan konektivitas digital di beberapa wilayah

Cek Jaringan Palapa Ring, Jokowi Akan Kunjungi Papua dan NTTIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Beberapa tahun lalu, kata Jokowi, pemerintah menyadari adanya ketimpangan antar daerah dalam masalah konektivitas digital. Menurut dia, hal itu sering dibuktikan saat melakukan kunjungan kerja.

"Saya sudah datang ke hampir semua daerah, kalau malam, jam 10 dan 11, duh ini ko lambat, lamban," ucap Presiden.

2. Jokowi akan kunjungi NTT dan Wamena usai pelantikan

Cek Jaringan Palapa Ring, Jokowi Akan Kunjungi Papua dan NTTDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan dulu di beberapa wilayah Indonesia bagian timur, memang sangat suli mencari jaringan internet. Wilayah tersebut di antaranya Wamena, Papua, dan Rote Ndao, NTT. Namun, setelah dipasang Palapa Ring, Jokowi menyebut akan langsung menjajalnya.

"Misalnya dulu di Wamena, di Rote Ndao. Bisa kita lihat, memang saat itu belum, tapi sekarang saya belum coba. Nanti saya datang. Setelah pelantikan saya mau datang, coba lagi. Ini benar sudah on atau tidak. Kalau on berarti tepat," kata Kepala Negara.

3. Jokowi akan membuktikan kecepatan internet

Cek Jaringan Palapa Ring, Jokowi Akan Kunjungi Papua dan NTTIDN Times/Larasati Rey

Jokowi juga menyebutkan dulu sangat susah mengirim video dan gambar karena tidak ada jaringan internet. Bahkan, teks pun susah terkirim. Usai Palapa Ring dipasang, presiden mengaku akan mencoba langsung dan membuktikan kecepatan jaringan.

"Yang di Papua udah bagus? Bener? Saya coba nanti. Nanti saya cek ke Wamena, Biak, ke Nabire, mau saya cek lagi, benar gak ini? Karena kalau ke sana pasti, ke Rote Ndao NTT, ini komplainnya dari keluhan masyarakat, 'Pak ini di sini lemot banget, Pak. Kapan bisa cepat?' Ya Ini mau saya coba, benar gak laporannya Pak Menteri tadi," ujar Jokowi.

Baca Juga: Hari Ini Pemerintah Resmikan Palapa Ring di Istana Negara

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You