Comscore Tracker

Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal Laut

Trenggono akan belanja masalah untuk evaluasi

Jakarta, IDN Times - Sakti Wahyu Trenggono telah resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) usai dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana hari ini. Pria yang biasa dipanggil Trenggono ini mengaku kaget saat mendengar kabar dirinya ditunjuk sebagai Menteri KP, untuk menggantikan Edhy Prabowo.

"Saya diberitahu oleh Bapak Menteri Sekretaris Negara minggu lalu dan terus terang ini adalah berita yang cukup mengagetkan," kata Trenggono seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

1. Trenggono akan belajar tentang laut terlebih dahulu

Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal LautPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Meski kaget saat mendapatkan tawaran memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, namun Trenggono mengungkapkan akan lebih banyak belajar tentang laut. Sebab, Indonesia termasuk negara kepulauan yang besar.

"Saya harus banyak belajar tentang laut. Kita ini adalah negara kepulauan yang daratannya lebih sedikit dibandingkan dengan kelautan. Kalau kita kelola dengan baik, itu akan memberikan manfaat yang besar bagi bangsa dan generasi berikutnya," jelas Trenggono.

2. Trenggono akan belanja masalah di KKP untuk evaluasi

Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal LautWahyu Sakti Trenggono (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Terkait rencana terobosannya di KKP, Trenggono menyampaikan, yang utama adalah menjaga ekosistem laut agar bisa berjalan dan tidak rusak. Selain itu, ia juga menuturkan agar ekosistem di laut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Itu yang akan kami lakukan dalam waktu yang saya kira tidak lama barangkali 1-2 bulan ke depan, saya akan belanja masalah untuk mengevaluasi semua apa yang sudah dilakukan, mana yang baik kita lanjutkan, yang tidak baik kita hentikan," tuturnya.

3. Nama-nama menteri dan wakil menteri yang baru hasil reshuffle kabinet

Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal LautPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik enam menteri dan lima wakil menteri yang baru di Kabinet Indonesia Maju. Enam menteri dan 5 wakil menteri itu merupakan hasil reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi pada Desember 2020 ini.

Pelantikan tersebut digelar pada pukul 09.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan enam menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Sementara, pelantikan lima wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Berikut enam menteri baru yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Berikut lima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya