Doni Monardo: Wisma Atlet Bisa Tampung 2 Ribu Pasien Virus Corona

Wisma Atlet bisa digunakan mulai Senin

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19, Doni Monardo mendapat beberapa arahan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo tentang penanganan virus corona atau COVID-19. Salahnya adalah penggunaan Wisma Atlet untuk menampung pasien positif terinfeksi virus corona.

1. Wisma Atlet bisa menampung 1000-2000 pasien COVID-19

Doni Monardo: Wisma Atlet Bisa Tampung 2 Ribu Pasien Virus CoronaKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni mengatakan bahwa wisma tersebut akan menampung pasien COVID-19. Adapun kapasitas wisma itu bisa menampung 1000 hingga 2000 pasien.

"Tanggal 23 atau hari Senin yang akan datang, Wisma Atlet ini bisa menampung sekitar 1000-2000 orang pasien," kata Doni dalam keterangan pers yang disiarkan langsung melalui website Sekretariat Presiden, Kamis (19/3).

2. Menteri BUMN dan PUPR ditugaskan menyiapkan Wisma Atlet

Doni Monardo: Wisma Atlet Bisa Tampung 2 Ribu Pasien Virus CoronaErick Thohir (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Karena situasi darurat, Doni menyampaikan Presiden Jokowi sudah meminta Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyiapkan wisma yang akan dijadikan tempat penampungan pasien COVID-19 itu.

"Bapak Presiden telah memberikan tugas kepada Menteri BUMN dan Menteri PUPR untuk menyiapkan wisma atlet," Doni menuturkan.

3. Jokowi sebut kontigensi penanganan virus corona bisa gunakan Wisma Atlet atau hotel BUMN

Doni Monardo: Wisma Atlet Bisa Tampung 2 Ribu Pasien Virus CoronaPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, di rapat terbatas bersama menteri kabinet dan Tim Gugus Tugas COVID-19, Jokowi sudah menyampaikan agar dalam menangani virus corona, bisa menggunakan Wisma Atlet jika diperlukan. Menurutnya, kapasitas Wisma Atlet sendiri terbilang cukup besar untuk menampung pasien COVID-19.

"Bila diperlukan bisa manfaatkan Wisma Atlet di Kemayoran, kapasitas cukup besar 15.000 dan hotel BUMN bisa dipakai," ujar Jokowi.

Baca Juga: 80 Ton Beras Disiapkan untuk Antisipasi KLB Virus Corona

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya