Gantikan Terawan, Budi Gunadi Ditawari Posisi Menkes dari Minggu Lalu 

Jokowi minta Budi fokus atasi pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tentang tawaran Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mengisi kursi Menteri Kesehatan. Ia mengaku mendapatkan tawaran tersebut melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno sejak seminggu yang lalu.

"Kami dihubungi oleh Pak Pratik sekitar minggu lalu dan diberitahu bahwa diberikan amanah sebagai Menteri Kesehatan di awal minggu ini," ujar Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/12/2020).

1. Budi dapat tugas dari Jokowi untuk fokus tangani COVID-19

Gantikan Terawan, Budi Gunadi Ditawari Posisi Menkes dari Minggu Lalu Pengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Budi mengatakan, adapun tugas Presiden Jokowi yang diberikan kepadanya yaitu fokus mengatasi pandemik COVID-19. Hal itu diminta Jokowi agar masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

"Agar semua murid bisa kembali sekolah dengan segera, agar semua pengusaha UKM bisa segera kembali menggelar tokonya, agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi, dan agar seluruh rakyat Indonesia bisa hidup normal kembali," ujarnya.

Baca Juga: Budi Gunadi Jadi Menkes, Pengamat: Jangan Gunakan Pendekatan Bisnis

2. Budi minta dukungan seluruh komponen bangsa untuk atasi pandemik COVID-19

Gantikan Terawan, Budi Gunadi Ditawari Posisi Menkes dari Minggu Lalu Budi Gunadi Sadikin (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Oleh karena itu, Budi mengaku membutuhkan dorongan dari seluruh komponen bangsa agar pandemik COVID-19 bisa teratasi. Ia meminta kerja sama mulai dari asosiasi kedokteran, pemerintah daerah, serta masyarakat luas.

"Masalah ini adalah masalah yang sangat secara tidak mungkin kami lakukan sendiri, yang harus kami lakukan secara inklusif serta gotong royong dan bersama-sama," ucap Budi.

3. Nama-nama menteri baru hasil reshuffle kabinet

Gantikan Terawan, Budi Gunadi Ditawari Posisi Menkes dari Minggu Lalu Pengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan pergantian menteri kabinet pada Selasa (22/12/2020) kemarin. Ia memperkenalkan satu per satu para menteri barunya itu di Veranda Istana Merdeka. Adapun keenam menteri yang mengisi kursi reshuffle kabinet yaitu:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Baca Juga: Profil Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Pengganti Terawan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya