Gelar Doa Bersama, Jokowi: Kesabaran adalah Titik Tolak Kesembuhan 

"Inilah waktu bagi kita untuk melihat sekeliling."

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Agama dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Doa Kemanusiaan dan Kebangsaan yang dilakukan secara virtual. Acara tersebut diikuti Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kita juga wajib berikithar dengan usaha batiniah dengan tidak henti-hentinya memanjatkan doa, memohon pertolongan Allah SWT agar rakyat, agar bangsa dan negara kita juga dunia segera terbebas dari pandemi ini," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (14/5).

1. Jokowi ajak masyarakat hadapi virus corona dengan sabar

Gelar Doa Bersama, Jokowi: Kesabaran adalah Titik Tolak Kesembuhan Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan, dalam menghadapi wabah virus corona tidak boleh panik. Ia juga mengingatkan agar masyarakat bisa tabah menghadapi pandemik COVID-19 ini.

"Marilah kita hadapi cobaan ini dengan tenang dan sabar, kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah titik tolak kesembuhan," tutur Jokowi.

2. Jokowi sebut gotong-royong diperlukan di tengah pandemik COVID-19

Gelar Doa Bersama, Jokowi: Kesabaran adalah Titik Tolak Kesembuhan Dok. Biro Pers Kepresidenan

Lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengajak seluruh masyarakat untuk menghilangkan rasa cemas, menjauhkan diri dari ketakutan berlebih, dan hidup optimisme. Dia turut berpesan agar masyarakat bisa bangkitkan empati dan menumbuhkan solidaritas sosial di tengah pandemik ini.

"Inilah waktu bagi kita untuk melihat sekeliling, untuk membantu saudara-saudara kita, membantu tetangga, membantu para sahabat untuk bergotong-royong meringankan beban saudara kita setanah air. Insya Allah Tuhan membuka jalan bagi kita semua rakyat dan bangsa Indonesia untuk bangkit kembali," ucap Jokowi.

3. Jokowi meminta masyarakat merendahkan hati memohon kepada Tuhan agar musibah segera berakhir

Gelar Doa Bersama, Jokowi: Kesabaran adalah Titik Tolak Kesembuhan Dok. Biro Pers Kepresidenan

Selanjutnya, Jokowi mengajak masyarakat menundukkan kepala dan merendahkan hati untuk memohon kepada Tuhan agar wabah virus corona segera berakhir.

"Kita memohon kepada Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang, diberikan kesabaran menerima musibah ini dengan lapang dada, diberi kekuatan agar kita semua bisa selamat dan melewati ujian yang diberikan Allah SWT," kata Jokowi lagi.

Baca Juga: Jokowi Naikkan Lagi Iuran BPJS Mulai Juli, Begini Rinciannya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya