Comscore Tracker

Heboh Virus Corona, Jokowi Ingatkan Menkes untuk Waspada dan Hati-hati

Sejauh ini, kata Jokowi, belum ada WNI yang terjangkit

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk waspada pada Virus Corona atau coronavirus. Menurutnya, virus tersebut harus benar-benar diawasi secara ketat di Indonesia.

"Terpenting kita waspada. Hati-hati. Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detail. Diawasi," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (24/1).

1. Indonesia tengah lakukan pencegahan ketat untuk Virus Corona

Heboh Virus Corona, Jokowi Ingatkan Menkes untuk Waspada dan Hati-hatiPresiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 24 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain meminta Menkes untuk lebih waspada, Jokowi mengatakan saat ini pengecekan telah dilakukan dengan ketat, terutama bagi WNI atau pendatang dari luar negeri.

"Kita kan juga sudah siap cek dengan scanner setiap kedatangan dari luar, siapa pun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit," kata Jokowi.

Baca Juga: RSHS Siapkan Lima Ruang Khusus untuk Pasien Virus Corona

2. Jokowi sebut belum ada WNI yang terjangkit Virus Corona

Heboh Virus Corona, Jokowi Ingatkan Menkes untuk Waspada dan Hati-hatiPresiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 24 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Namun, lanjut Jokowi, hingga saat ini belum ada WNI yang terkenal Virus Corona tersebut. Dia pun berharap agar masyarakat tak ada yang terjangkit virus yang berasal dari Tiongkok itu.

"Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit Virus Corona," tutur pria kelahiran Solo itu.

3. Virus Corona berasal dari Wuhan, Tiongkok

Heboh Virus Corona, Jokowi Ingatkan Menkes untuk Waspada dan Hati-hatiSeorang bayi memakai masker untuk mencegah penularan coronavirus baru di Stasiun Kereta Cepat Hong Kong West Kowloon di Hong Kong pada 23 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS./Tyrone Siu

Virus corona yang tengah merebak luas diduga berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, Tiongkok. Awal infeksi, korban yang terdeteksi di pasar ikan Wuhan mencapai 59 orang. 

Namun dalam perkembangannya virus pneumonia Wuhan ini terus-menerus menyebabkan korban berjatuhan. Pada Kamis (9/1), wabah pneumonia Tiongkok dilaporkan menelan satu korban. Pria berusia 61 tahun menjadi orang pertama yang meninggal karena wabah penyakit pernapasan yang diyakini disebabkan oleh virus baru dari keluarga yang sama dengan SARS.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Heboh Virus Corona, Jokowi Ingatkan Menkes untuk Waspada dan Hati-hatiIDN Times

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemprov Perketat Pengawasan di Pintu Masuk Sulsel

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya