Ibu Kota Pindah, Anies: Pemerintah Tetap Selesaikan Masalah Macet

Ibu kota dipindah, apakah Jakarta akan tetap macet?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo  telah memutuskan ibu kota negara pindah ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Meski ibu kota akan dipindahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Jakarta akan tetap menjadi pusat ekonomi Indonesia.

"Kota bisnis itu sifatnya alamiah, pasar yang menentukan. Mekanisme pasar sudah membentuk bahwa pusat kegiatan perekonomian di sini," kata Anies di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Anies menyampaikan, meski segala keputusan berada dalam pemerintah pusat, namun aspek untuk bisnis dan ekonomi tetap akan berjalan terus di Jakarta.

"Yang di Jakarta kita mendorong menjadi simpul kegiatan perekonomian global, jadi Jakarta tetap akan menjadi pusat kegiatan perekonomian, tidak ada pergeseran di situ," ujar dia.

Kemudian, Anies menuturkan, permasalahan di Jakarta seperti macet, tetap akan diselesaikan oleh pemerintah meski sudah tak jadi ibu kota lagi

"Tidak ada kekhawatiran. Sesungguhnya kalau di Jakarta kontributor terbesar kemacetan adalah rumah tangga, kedua kegiatan perekonomian, yang paling kecil kontributornya adalah kegiatan pemerintahan. Jadi tetap kita harus menyelesaikan masalah itu," jelas Anies.

Baca Juga: Jakarta Mau Disulap Seperti New York, Ibu Kota Baru Bak Washington DC

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya