Indonesia Rawan Bencana, Ma'ruf Amin Siap Perkuat BNPB dan BMKG

Agar tidak banyak korban berjatuhan

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berkomitmen memperkuat lembaga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam mengatasi bencana jika kelak terpilih.

Penguatan kedua lembaga tersebut dinilai penting karena Indonesia berada di kawasan ring of fire, sehingga sangat rentan terhadap bencana alam. Oleh karena itu, kedua lembaga tersebut memang seharusnya diperkuat.

"Kita ingin memperkuat peran BMKG dan BNPB. Kita sudah lihat mulai dari Aceh terus kemudian Lombok, Palu, kemudian sekarang Banten," ujar Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Rabu (26/12).

1. Anggaran untuk BMKG dan BNPB akan diperbesar

Indonesia Rawan Bencana, Ma'ruf Amin Siap Perkuat BNPB dan BMKGANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Menurut Ma'ruf, apa yang dilakukan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam menghadapi bencana sudah bagus. Sehingga, apa yang telah dicapai oleh pemerintahan Jokowi harus diperkuat dan diperbaiki.

Menurutnya, dalam menghadapi bencana, kedua lembaga tersebut harus semakin diperkuat. Salah satunya adalah dengan memperbesar anggaran.

"Dua lembaga ini harus kita perkuat, anggarannya harus diperbesar, jadi jangan sampai begitu terjadi baru mencari anggaran, jadi harus disiapkan," kata Ma'ruf.

2. Ma'ruf sebut peralatan di BMKG dan BNPB harus lebih canggih

Indonesia Rawan Bencana, Ma'ruf Amin Siap Perkuat BNPB dan BMKGIdntimes/Vanny El Rahman

Selanjutnya, peralatan yang dimiliki oleh BMKG dalam mendeteksi bencana dini juga harus diperkuat lagi. Sehingga, peringatan dini bisa langsung terdeteksi.

"Kemudian peralatannya harus dicanggihkan terutama deteksi dini itu, jangan sampai tidak terdeteksi, karena itu kita harus dilengkapi dengan alat-alat yang canggih. Sehingga bisa mendeteksi sebelum terjadi itu sudah ada warning kepada warga yang di daerahnya kemungkinan akan terjadi gempa atau tsunami," ungkapnya.

3. Ma'ruf dukung program pemerintah berikan edukasi bencana alam sejak dini

Indonesia Rawan Bencana, Ma'ruf Amin Siap Perkuat BNPB dan BMKGIDN Times/Reynaldi

Selanjutnya, Ma'ruf menyampaikan bahwa dirinya mendukung program pemerintahan Jokowi untuk memberikan edukasi tentang bencana alam sejak dini. Hal itu begitu penting, karena sejak dini masyarakat memang harus waspada terhadap bencana.

"Saya mendukung rencana pemerintah yang akan mengajarkan ini sejak di SD, sudah mulai diberi kesadaran bahwa kita sebagai negara yang memang berada di daerah gempa itu harus disiapkan dari mulai dini, dari mulai SD itu sudah paham. Sehingga waspadanya sudah terus waspada," ungkapnya.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya