JK: Kasus Rommy Berdampak Pada Partai dan Capres-Cawapres

JK sebut efeknya akan berdampak pada partai dan lainnya

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi penangkapan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut JK, penangkapan Rommy tersebut akan berimbas juga pada elektoral calon presiden dan wakil presiden.

1. JK sebut efek penangkapan Rommy bisa berdampak ke partai dan capres-cawapres

JK: Kasus Rommy Berdampak Pada Partai dan Capres-CawapresIDN Times/Imam Rosidin

Terkait penangkapan Rommy, JK mengatakan bahwa efeknya akan langsung ke elektabilitas partainya. Namun, tak bisa dipungkiri, capres dan cawapres yang diusung juga bisa saja terkena efek penangkapan Rommy itu.

"Ya pastilah, terutama efeknya ke PPP, kalau (berdampak) ke PPP pasti juga ke yang lain-lain juga punya efek," kata JK di kantor Wakil Presiden seperti dilansir dari ANTARA, Jumat (15/3).

Baca Juga: OTT Rommy, KPK Ciduk 5 Orang

2. Erick sebut penangkapan Rommy tak ada kaitannya dengan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf

JK: Kasus Rommy Berdampak Pada Partai dan Capres-CawapresIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, mengatakan bahwa kasus yang melibatkan Rommy tidak ada kaitannya dengan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf. Karena menurut dia, itu adalah masalah pribadi dan tidak terkait Pilpres.

"Kan gak ada hubungannya dengan Pilpres. Kecuali, mohon maaf, misalnya ada hubungan dengan Pilpres ya bisa. Tapi kalau pribadi ya sulit," ungkap Erick di kediaman Ma'ruf Amin, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).

Walaupun Rommy telah tertangkap oleh KPK, namun Erick mengaku bahwa TKN tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Dan menurutnya, penegakan hukum harus tetap berjalan.

"Penegakan harus berjalan, harus kita hormati. Siapa pun, termasuk saya, harus hormati. Tetapi yang mesti kita lihat, apakah ini lebih ke pribadi atau hubungan dengan Pilpres. Tapi saya yakin, sih, gak ada hubungan dengan Pilpres," kata Erick.

3. BPN sebut politisi di koalisi Jokowi adalah politisi berkasus

JK: Kasus Rommy Berdampak Pada Partai dan Capres-CawapresIDN Times/Galih Persiana

Juru Kampanye Nasional BPN Prabowo-Sandiaga, Nizar Zahro, ikut menanggapi tentang penangkapan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy) oleh KPK, pada Jumat (15/3). Menurut Nizar, dengan adanya penangkapan terhadap Rommy, kubu 01 disebutnya sebagai tempat dari orang-orang yang berkasus.

Nizar mengatakan, tertangkapnya Rommy dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, dinilainya sebagai bukti bahwa kubu 01 dihuni oleh politisi berkasus. Dan ia menganggap bahwa mayoritas tokoh mendukung Jokowi untuk mencari aman.

"Silakan lihat sendiri tokoh-tokoh yang merapat mendukung 01. Mayoritas memiliki kasus. Motivasi bergabung ke 01 hanya untuk mengamankan kasusnya. Atau bisa juga bergabung ke 01 karena di bawah tekanan akan diusut kasusnya," kata Nizar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/3).

4. KPK tangkap lima orang dari OTT Jatim

JK: Kasus Rommy Berdampak Pada Partai dan Capres-CawapresIDN Times/Fitria Madia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (15/3) mengamankan lima orang dari operasi senyap di Provinsi Jawa Timur. Lima orang yang diamankan itu terdiri dari anggota DPR, unsur pejabat swasta, dan unsur pejabat Kementerian Agama. Juru bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan pejabat Kementerian Agama yang diamankan merupakan unsur Kemenag di daerah. 

"Nanti, kalau ada perkembangan lebih lanjut selain 5 orang itu akan kami sampaikan tetapi yang bisa dikonfirmasi saat ini adalah 5 orang tersebut yang telah diamankan di Jawa Timur," ujar Febri ketika memberikan keterangan pers pada hari ini. 

Baca Juga: Ini Fakta-Fakta soal Kasus Korupsi Rommy

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya