Comscore Tracker

JK: Masyarakat Papua Hanya Inginkan Klarifikasi dan Maaf

Menurut JK semua akibat dari Surabaya dan Malang

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua Barat. Menurut JK, kerusuhan yang terjadi di Papua semata-mata karena masyarakat ingin adanya klarifikasi dan permintaan maaf terkait insiden yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua, Surabaya.

"Apa yang saya lihat itu, masyarakat di Papua itu hanya ingin minta klarifikasi dan minta maaflah, tapi harus klarifikasi apa yang terjadi, karena ini sebuah akibat," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

JK juga mengingatkan agar sebagai bangsa Indonesia harus saling menghargai. Sehingga, kata dia, apabila ada masalah serius bisa diselesaikan dengan baik.

"Kalau ada masalah yang serius, yang terjadi kemarin di Surabaya, jelaskan saja secara terbuka apa yang terjadi, kita kan hanya mendapat informasi, tapi informasi harus dilihat secara betul," ujar JK.

Melihat adanya kerusuhan di Papua, bahkan sampai adanya pembakaran Gedung DPRD Papua Barat, tentu membuat JK prihatin dan menyesalkan hal tersebut.

"Ya tentu kita prihatin dan menyesalkan kejadian-kejadian yang terakhir itu, semua akibat aja ya, apa yang terjadi di Surabaya, di Malang, itu tentunya perlu dijelaskan secara terbuka, diklarifikasi," kata dia.

Baca Juga: Kapolri: Ada Oknum yang Picu Kerusuhan Lebih Besar di Manokwari Papua

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You