Jokowi Akan Panggil Calon Menteri Hari Ini? Begini Kata Istana

Pemanggilan calon menteri menyesuaikan waktu Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan memanggil para calon menteri ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Kabar ini berembus setelah bergulirnya isu perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan akhir 2020 ini.

Disebutkan, pemanggilan para calon menteri akan dilakukan hari ini. Namun, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, belum ada kepastian apakah Jokowi akan memanggil calon menteri hari ini atau tidak.

"Rutin biasa. Kegiatan (Presiden) rutin biasa di Istana," kata Heru saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (22/12/2020).

Selain Heru, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Bey Machmudin juga mengatakan, belum mengetahui informasi mengenai pemanggilan calon menteri. Sebab, hari ini Jokowi berkegiatan seperti biasa di Istana.

Baca Juga: Menanti Reshuffle Kabinet yang Akan Diumumkan oleh Jokowi 

1. Pemanggilan calon menteri menyesuaikan waktu Jokowi

Jokowi Akan Panggil Calon Menteri Hari Ini? Begini Kata IstanaJokowi beri sambutan di Rakernas Ikatan Apoteker Indonesia pada Kamis (5/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mengenai kapan Jokowi akan memanggil para calon menteri itu, Heru belum bisa memastikan. Sebab, semuanya tergantung pada agenda orang nomor satu di Indonesia itu.

"Pemanggilan calon menteri masih menyesuaikan waktu Bapak Presiden," ujarnya.

2. Nama-nama yang diisukan masuk bursa calon menteri

Jokowi Akan Panggil Calon Menteri Hari Ini? Begini Kata IstanaPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Mengenai reshuffle, beredar kabar tentang 6 posisi menteri yang akan diganti yakni posisi Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Menteri Perdagangan (Mendag), Menteri Agama (Menag), Menteri Sosial (Mensos), dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Sedangkan nama-nama yang dikabarkan akan menempati posisi tersebut yaitu Budi Gunadi Sadikin, Sandiaga Uno, M. Lutfi, Yahya Cholil, Wahyu Sakti Trenggono, Hasto Wardoyo, hingga Tri Rismaharini.

Menanggapi nama-nama yang beredar itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin meminta masyarakat tidak langsung mempercayainya sebelum ada pernyataan resmi dari Presiden Jokowi.

"Kalau kabar-kabar burung itu siapa saja boleh bikin, isu-isu. Tapi kalau tidak keluar dari mulut Presiden pernyataan atau informasi itu, maka semua tidak bisa kita percaya, tidak bisa kita yakini sebagai satu informasi yang valid untuk diberitakan. Harus ada kepastian," ucap Ngabalin saat dihubungi IDN Times, Senin (21/12/2020).

3. Isu reshuffle kabinet sudah mulai berembus sejak Juni 2020

Jokowi Akan Panggil Calon Menteri Hari Ini? Begini Kata IstanaPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju ini sudah mulai bergulir sejak Juni 2020, saat Jokowi menegur para menterinya karena tak puas dengan kinerja mereka.

Kemudian, isu reshuffle sempat menghilang dan berembus kembali setelah KPK menangkap dua menteri Jokowi yaitu Juliari Batubara dan Edhy Prabowo karena kasus tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Isu Reshuffle Menguat, KSP: Kapan Saja Bisa Diumumkan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya