Comscore Tracker

Jokowi Antar Habibie ke Peristirahatan Terakhir 

"Beliau negarawan sejati."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi Inspektur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/9).

"Beliau seorang negawaran sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman dan takwa harus bersatu," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan kehadiran dirinya dan para tokoh lain serta masyarakat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata sebagai bentuk pengorbanan terakhir kepada Habibie.

"Kita hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir pada Beliau sebagai bentuk dan jasa serta pengabdian almarhum terhadap bangsa serta ilmu pengetahuan semasa hidupnya," ujar Jokowi.

Upacara pemakaman dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB. Selain Jokowi, upacara pemakaman ini juga dihadiri para mantan presiden dan wakil presiden, mulai dari Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, Tri Sutrisno, Budiono, Jusuf Kalla, hingga istri mantan presiden Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Baca Juga: Jokowi Lakukan Penimbunan Liang Lahat di Pemakaman Habibie

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You