Jokowi Beberkan Strategi Gaet Hati Rakyat untuk Pipres 2019

Menurut Jokowi turun ke rakyat kunci kemenangan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menghadiri acara pembekalan bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Perindo, di Inews Tower, Senin (17/9). Dalam acara pembekalan tersebut, Jokowi diberikan kesempatan memberikan pengarahan kepada bacaleg Perindo.

Dalam pengarahannya, Jokowi memberikan rumusan strateginya Pemilu 2014 kepada bacaleg. Menurut Jokowi, meski pendekatan melalui udara sudah dilakukan, tetapi pendekatan darat adalah kunci mendapatkan hati rakyat.

1. Jokowi ingatkan bacaleg Perindo agar turun langsung ke masyarakat

Jokowi Beberkan Strategi Gaet Hati Rakyat untuk Pipres 2019ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Berkaitan dengan pengarahan kepada bacaleg Perindo, Jokowi menyampaikan pentingnya pendekatan darat kepada masyarakat. Karena itulah cara ampuh untuk mendapatkan hati rakyat.

"Saya menyampaikan tadi kepada caleg-caleg DPR RI dari Partai Perindo, intinya darat itu, sehingga mereka harus turun dari pintu ke pintu, door to door untuk mendapatkan kepercayaan dan simpati dari rakyat," kata Jokowi di Inews Tower, Jakarta Pusat, Senin (17/9).

Baca Juga: Ijtima Ulama Dukung Prabowo, Begini Reaksi Jokowi

2. Dalam politik harus ada diferensiasi dalam jual produk

Jokowi Beberkan Strategi Gaet Hati Rakyat untuk Pipres 2019ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kepada bacaleg Perindo, Jokowi menceritakan tentang strategi pada Pemilu 2014. Jualan politik dan produk tidak berbeda jauh. Namun, ia menyarankan agar memberikan diferensiasi dalam 'berjualan' politik.

"Dari pengalaman saya berjualan produk, saya lihat-lihat jualan produk dan jualan politik itu mirip-mirip. Caranya mirip-mirip, harus ada diferensiasi, harus ada branding semuanya, inilah yang saya bawa," kata Jokowi.

Lalu, kata Jokowi, yang perlu diperhatikan juga adalah produk dan target pasar politik. Itulah yang dilakukan Jokowi sejak 2004.

"Dari pengalaman-pengalam yang saya miliki memang yang sekarang ini baru ramai diperbincangkan yaitu micro targeting, micro campaign, dan micro convessing. Sebetulnya itu yang saya lakukan 14 tahun yang lalu. Ini belum ada, saya sudah melakukan," ungkap dia.

3. Jokowi menyarankan Perindo juga memperhatikan sisi darat

Jokowi Beberkan Strategi Gaet Hati Rakyat untuk Pipres 2019IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengapresiasi persiapan sisi udara dari Partai Perindo yang sudah cukup matang. Kendati, ia menyarankan agar bacaleg Perindo juga memperhatikan sisi darat, karena itulah yang menjadi kunci mendapatkan simpati rakyat.

"Yang saya lihat memang dari sisi serangan udara Partai Perindo saya kira sudah selesai. Artinya, sisi udaranya rampung. Tapi perlu kita ingat, ini perlu kita selesaikan," tutur Jokowi.

Ternyata berpolitik itu seperti berdagang ya guys.

Baca Juga: Dicuekin Megawati dan Jokowi, Kwik Kian Gie Akhirnya Dukung Prabowo

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya