Jokowi: Boleh Beraktivitas di Mal, Asal Disiplin Protokol Kesehatan

Jokowi ingin masyarakat produktif di tengah pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau Mal Summarecon Bekasi untuk persiapan skenario new normal atau normal baru. Menjelang new normal, Jokowi ingin memastikan tempat-tempat publik seperti moda transportasi umum dan mal-mal menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pemerintah ingin masyarakat tetap produktif tapi aman dari COVID-19. Ia juga memperbolehkan masyarakat beraktivitas di mal untuk membeli kebutuhan pokok, asal disiplin menjalankan protokol kesehatan.

1. Jokowi sebut aktivitas di mal tetap ada, tetapi harus tetap ikuti protokol kesehatan

Jokowi: Boleh Beraktivitas di Mal, Asal Disiplin Protokol KesehatanPeninjauan Kesiapan Penerapan Prosedur Standar New Normal di Sarana Perniagaan, Jakarta, 26 Mei 2020 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Mulai hari ini, Jokowi akan menurunkan pasukan TNI-Polri untuk mengawasi protokol kesehatan di 1.800 objek yang berada di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. Dia mengungkapkan, aktivitas di mal masih bisa dilakukan tapi dengan protokol kesehatan.

"Aktivitas di sini tetap ada, tapi sekali lagi lebih didisplinkan lagi agar protokol kesehatan benar-benar dijalankan," kata Jokowi di Mal Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/5).

Baca Juga: Jokowi Perintahkan TNI-Polri Awasi Protokol COVID-19 di 4 Provinsi Ini

2. Jokowi ingin masyarakat produktif menuju new normal

Jokowi: Boleh Beraktivitas di Mal, Asal Disiplin Protokol KesehatanDok. Setkab/Agus Suparto

Pria kelahiran Solo itu lalu menuturkan bahwa di tengah pandemik COVID-19 ini pemerintah tetap ingin masyarakat produktif. Tetapi di sisi lain, masyarakat juga harus aman dari COVID-19.

"Kita ingin tetap produktif tapi tetap aman COVID, tapi menuju ke tatanan baru itu kita juga melihat angka-angka, melihat fakta-fakta di lapangan, angka-angka bagaimana kurva R0-nya," ucap Jokowi.

3. TNI-Polri akan awasi masyarakat agar jalani protokol kesehatan

Jokowi: Boleh Beraktivitas di Mal, Asal Disiplin Protokol KesehatanDok. Setkab/Agus Suparto

Nantinya, lanjut Jokowi, pasukan TNI-Polri akan mengawasi masyarakat. Seperti mengingatkan penggunaan masker dan jaga jarak satu sama lain.

"TNI dan Polri mengawasi pelaksanaan di lapangan, memastikan pelaksanaan di lapangan hal-hal berkaitan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindarkan orang dari kerumunan atau saling berdesakan," jelas Jokowi.

Baca Juga: Datangi Mal Summarecon Bekasi, Jokowi: Meninjau Persiapan New Normal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya