Jokowi: Efektivitas PSBB Setiap Daerah Berbeda-beda, Ada Apa?

Kata Jokowi, ada daerah tak terapkan PSBB tapi kasus turun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan saat ini terdapat 4 provinsi dan 72 kabupaten/kota yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, dari penerapan PSBB yang dilakukan setiap wilayah, ternyata memiliki hasil yang bervariasi.

Menurut Jokowi, ada daerah yang setelah menerapkan PSBB dan jumlah kasusnya semakin menurun. Tetapi ada juga daerah yang tidak mengalami perubahan saat diterapkan PSBB.

1. Jokowi katakan hasil PSBB setiap daerah bervariasi karena efektivitas yang beda-beda

Jokowi: Efektivitas PSBB Setiap Daerah Berbeda-beda, Ada Apa?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Mengenai penerapan PSBB di sejumlah wilayah, Jokowi meminta untuk dilakukan evaluasi secara detail. Dia mengatakan, setiap daerah yang menerapkan PSBB memiliki hasil bervariasi.

"Berdasarkan kasus baru, sebelum dilakukan PSBB dan sesudahnya memang kalau kita lihat hasilnya bervariasi dan berbeda-beda di setiap daerah. Ini karena memang pelaksanaannya juga dengan efektivitas yang berbeda-beda," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/5).

Baca Juga: Rencana Relaksasi PSBB, Jokowi: Jangan Tergesa-gesa

2. Jokowi pertanyakan kenapa hasil PSBB setiap daerah bervariasi

Jokowi: Efektivitas PSBB Setiap Daerah Berbeda-beda, Ada Apa?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Menurut Jokowi, ada daerah yang setelah diterapkan PSBB mengalami penurunan drastis. Tapi ada juga yang tidak turun secara drastis.

"Ada yang daerah yang penambahan kasus barunya mengalami penurunan secara gradual, konsisten tapi tidak drastis, tapi ada daerah yang penambahan kasusnya turun tapi juga belum konsisten dan masih fluktuatif," ujar Jokowi.

"Ada daerah yang penambahan kasusnya tidak mengalami perubahan seperti sebelum PSBB, ini juga hal-hal seperti ini perlu digarisbawahi. Ada apa? Kenapa?," lanjut dia.

3. Jokowi sebut ada daerah yang tak terapkan PSBB tapi berhasil turunkan kasus

Jokowi: Efektivitas PSBB Setiap Daerah Berbeda-beda, Ada Apa?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Meski tak semua daerah menerapkan PSBB, namun Jokowi mengatakan ada daerah yang memakai cara lain dan terhitung berhasil. Oleh karena itu, evaluasi PSBB sangat penting dilakukan.

"Kita ingin ada sebuah evaluasi yang detail pada provinsi, kabupaten dan kota mengenai data tren penambahan atau penurunan kasus positif baru di setiap daerah yang menerapkan PSBB mau pun tidak," ucapnya.

Baca Juga: Pengamat Unpad: PSBB dan Lockdown Hampir Sama, Bedanya PSBB Lebih Soft

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya