Jokowi Gunakan Pakaian Adat Klungkung Bali di Upacara HUT ke-74 RI

Jokowi menggandeng cucunya, Jan Ethes Srinarendra

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah tiba di lokasi Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Memperingati HUT RI tersebut, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Klungkung, Bali.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki beragam budaya dan adat. Sehingga, dalam setiap tahunnya, Jokowi selalu ingin tampil beda dengan pakaian adat yang bermacam-macam.

"Karena budaya Indonesia kan beragam, jadi pakai pakaian adatnya harus beda-beda," kata Jokowi, Sabtu (17/8).

Berbeda dengan tahun ini, tahun lalu tepatnya pada 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Aceh di Upacara HUT ke-73 RI. Sementara, di tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Kalimantan.

Saat ditanya apakah kejutan yang akan dihadirkan dalam Upacara HUT ke-74 RI kali ini, Jokowi hanya tersenyum dan tertawa. Ia enggan berkomentar lebih jauh dan memilih pergi.

Sementara cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, juga terlihat mengenakan pakaian adat Bali. Jokowi menggandeng cucunya itu.

Adapun rangkaian acara Upacara 17 Agustus hari ini akan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yakni acara kenegaraan berupa pembacaan detik-detik Proklamasi dan pengibaran sang Merah Putih. Acara kedua yaitu penurunan bendera Merah Putih.

Tak hanya itu, akan ada juga penampilan hiburan dari musisi Indonesia. Nantinya, Upacara 17 Agustus juga akan dimeriahkan oleh Gita Bahana Nusantara. Dijadwalkan, Upacara 17 Agustus dimulai pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Bikin Gemas! Jan Ethes Pakai Baju Adat Bali di Istana Merdeka

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya