Jokowi Harap Seluruh Wartawan di Indonesia Dapat Vaksin COVID-19 

Jokowi sebut vaksin bisa lindungi pers saat di lapangan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widod berharap seluruh insan pers di Tanah Air mendapatkan vaksin COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau proses vaksinasi kepada wartawan di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

"Kita berharap ini akan berjalan di provinsi-provinsi yang lain, sehingga seluruh insan pers yang berada di Tanah Air semuanya segera mendapat vaksinasi," kata Jokowi usai peninjauan seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Ulama dan Tokoh Agama Masuk Daftar Vaksinasi Jillid 2

1. Jokowi sebut vaksinasi bisa melindungi wartawan yang sering ke lapangan

Jokowi Harap Seluruh Wartawan di Indonesia Dapat Vaksin COVID-19 Peninjauan Vaksinasi Pekerja Media dan Wartawan di Hall Basket Senayan pada Kamis (25/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Peninjauan Jokowi hari ini ditemani juga oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, dan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.

Usai melakukan peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa proses vaksinasi hari ini sesuai dengan janjinya yang akan memberikan vaksin kepada 5 ribu wartawan saat Hari Pers Nasional. Menurut dia, insan pers harus jadi prioritas untuk memberi perlindungan ketika mereka meliput di lapangan.

"Kita harapkan ini memberikan perlindungan kepada awak media, terutama yang berada di lapangan, yang sering berinteraksi dengan publik, sering berinteraksi dengan narasumber," tutur Jokowi.

2. Proses vaksinasi pada wartawan dibagi jadi tiga sesi

Jokowi Harap Seluruh Wartawan di Indonesia Dapat Vaksin COVID-19 Proses Vaksinasi Pekerja Media dan Wartawan di Hall Basket Senayan pada Kamis (25/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Berdasarkan surat undangan Dewan Pers, kegiatan vaksinasi berlangsung selama 3 hari, mulai dari 25 Februari 2021 sampai 27 Februari 2021. Sesuai janji Presiden Jokowi, vaksinasi akan diberikan kepada 5.000 wartawan dari berbagai media.

Proses vaksinasi kepada wartawan ini akan dibagi menjadi tiga sesi dalam sehari. Sesi pertama dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, sesi kedua pukul 10.00-12.00 WIB, dan sesi ketiga dimulai pukul 13.00-16.00 WIB.

Peserta vaksinasi juga diminta membawa KTP dan salinannya, dan diminta datang sesuai jadwal penerimaan vaksinasi yang telah ditentukan. Jika hadir di luar jam yang ditentukan, peserta tidak diperbolehkan masuk area vaksinasi.

Selain itu, para wartawan yang ikut proses vaksinasi harus hadir paling lambat 60 menit sebelum jam yang dijadwalkan. Peserta juga diwajibkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan COVID-19.

Baca Juga: Jokowi Akan Tinjau Vaksinasi COVID-19 Perdana Wartawan

3. Jokowi janjikan vaksin untuk 5 ribu wartawan

Jokowi Harap Seluruh Wartawan di Indonesia Dapat Vaksin COVID-19 Infografis Penerima Vaksin Tahap Dua (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjanji menyiapkan 5 ribu dosis vaksin untuk wartawan di Indonesia. Janji itu diucapkan Jokowi saat memberikan sambutan di peringatan Hari Pers Nasional di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (9/2/2021).

"Tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof Nuh, untuk awal nanti di akhir bulan Februari sampai awal Maret nanti, untuk awak media sudah kita siapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin," kata Jokowi seperti disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, pemerintah telah menyediakan anggaran untuk belanja vaksin COVID-19. Sehingga, awak media akan mendapatkan jatah vaksinasi gratis juga dari pemerintah.

"Saat ini pemerintah sedang bekerja keras untuk memperoleh vaksin melalui vaksinasi. Saya yakin banyak awak media yang sudah ingin divaksin," ucapnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 untuk 5 Ribu Wartawan Dimulai Hari Ini

https://www.youtube.com/embed/rjk3kqhf-ZY

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya