Jokowi ke Warga Terdampak Semeru: Rumahnya, Jembatannya Kita Perbaiki

Warga terdampak erupsi Semeru curhat ke Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo berdialog dengan sejumlah warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Di hadapan Jokowi, para warga pun bercerita konsisi saat erupsi terjadi beberapa hari lalu.

"Gak sampai satu menit itu pak, langsung gelap. Sebelumnya ada pemberitahuan memang, 25 getarannya katanya dari pusat pemantauan," ujar seorang warga kepada Presiden, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Jokowi Minta Prioritaskan Pencarian Korban Erupsi Gunung Semeru

1. Warga tak menyangka erupsi Semeru akan sebesar saat ini

Jokowi ke Warga Terdampak Semeru: Rumahnya, Jembatannya Kita PerbaikiPresiden Jokowi kunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Seorang warga dari Dusun Kamar Kajang bercerita bahwa sebelum erupsi, mereka telah mendapatkan peringatan dari pos pemantauan melalui telepon genggam mereka. Warga tidak menyangka jika erupsi pada Sabtu (4/12/2021) ternyata lebih besar dari yang perkiraan mereka.

"Ada pemberitahuan, di HP sudah ada. Cuma dikira kecil pak, dikira banjir kecil, 25 getarannya kecil biasanya. Nanti ada susulan yang lebih besar biasanya. Kalau pos pantau selalu siaga," ujar warga tersebut pada Jokowi.

"Paniknya itu cuma panik abu, abunya itu loh pak, kan gelap. Posisi jam 3 sore itu kejadian abu vulkanik. Hujan abu dulu, gelap, disusul lahar dingin," timpal seorang warga lainnya.

Baca Juga: BNPB: Status Tanggap Darurat Erupsi Semeru hingga 3 Januari 2022 

2. Para warga minta kepada Jokowi agar rumah dan fasilitas publik segera diperbaiki

Jokowi ke Warga Terdampak Semeru: Rumahnya, Jembatannya Kita PerbaikiPresiden Jokowi kunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Tak hanya itu, para pengungsi juga bercerita tentang erupsi yang telah menewaskan banyak ternak peliharaannya. Ada juga yang bercerita kepada Jokowi tentang keluarganya yang masih hilang.

Selain itu, para warga meminta agar infrastruktur yang hancur bisa segera diperbaiki. Mendengar itu, Jokowi pun mengatakan akan segera membangun dan memperbaiki rumah-rumah warga terdampak, juga dengan fasilitas publik lainnya seperti jembatan.

"Nggih, rumahnya, jembatannya cepat kita mulai (diperbaiki). Ini Menteri PU sudah saya ajak. Ini baru mengecek semua, nanti segera dikerjakan," ujar Jokowi.

"Terima kasih, pak," seru para warga.

3. Jokowi ingin pencarian korban diprioritaskan

Jokowi ke Warga Terdampak Semeru: Rumahnya, Jembatannya Kita PerbaikiPresiden Jokowi kunjungi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa (7/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi hari ini meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kedatangan Jokowi di lokasi terdampak erupsi tersebut guna memastikan pencarian korban berlangsung dengan maksimal.

“Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi dan juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini,” kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/12/2021).

Tak hanya itu, Jokowi juga ingin memastikan agar para pengungsi ditangani dengan baik, mulai dari kondisi kesehatannya hingga konsumsi.

“Pengungsi juga tertangani dengan baik-baik berkaitan dengan konsumsi kesehatan, kemudian air bersih juga kondisinya mulai membaik,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini menyampaikan pemerintah akan melakukan perbaikan infrastruktur pada lokasi terdampak erupsi. Nantinya, pemerintah akan merelokasi rumah-rumah warga dari lokasi yang berisiko.

“Kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang memang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali. Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih 2 ribuan rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semuanya sudah siap. Itu saja,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Posko Pengungsian Korban Erupsi Semeru

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya