Jokowi Minta Anies Cepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Normalisasi Sungai

Jokowi minta tahun ini belasan sungai harus dinormalisasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan dalam normalisasi sungai. Jokowi meminta agar sodetan Sungai Ciliwung segera diselesaikan sebagai upaya pencegahan banjir.

"Saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan. Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahannya," ujar Jokowi dalam rapat terbatas mengenai banjir Jabodetabek di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).

Instruksi tersebut disampaikan Jokowi di hadapan sejumlah kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Baca Juga: Anies Belum Tetapkan Tanggap Darurat Banjir, Bantuan Beras Tertahan

1. Jokowi instruksikan Anies untuk segera normalisasi belasan sungai di Jakarta

Jokowi Minta Anies Cepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Normalisasi SungaiRapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi juga menginstruksikan Anies untuk segera melakukan normalisasi terhadap sungai-sungai di Jakarta, bukan hanya Sungai Ciliwung.

"Dan juga pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali, baik normalisasi maupun naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta. Perlu saya sampaikan sungai yang ada di Jakarta bukan hanya Ciliwung saja, ada Sungai Pesanggrahan, Cipinang, Buaran, sungai Mookervart dan 14 sungai lainnya," kata Jokowi.

"Ini semuanya saya kira perlu dilakukan penormalan kembali, sehingga aliran air yang ada di Jakarta bisa kembali normal," imbuhnya.

2. Jokowi minta pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi dipercepat

Jokowi Minta Anies Cepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Normalisasi SungaiPresiden Jokowi di Natuna, Riau, Rabu 8 Januari 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk segera menyelesaikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Hal itu penting dilakukan agar banjir di Jakarta dapat segera teratasi.

"Saya minta dipercepat Kementerian PUPR ini Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, meskipun saya tahu progresnya sudah 47 persen, pembebasan tanah juga sudah 95 persen, tinggal sisanya saya kira diselesaikan," tutur dia.

3. Jokowi minta seluruh kepala daerah di Jabodetabek kerja sama tuntaskan masalah banjir

Jokowi Minta Anies Cepat Tuntaskan Pembebasan Lahan Normalisasi SungaiRapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 8 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta kepada seluruh kepala daerah untuk bekerja sama dengan baik. Sebab, Jakarta juga dikelilingi oleh wilayah lainnya.

"Saya berharap semuanya bisa bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan masalah banjir yang ada di ibu kota, tanpa kerja sama itu saya kira penyelesaiannya tidak akan komprehensif dan tidak akan bisa menyelesaikan masalah," ucap Jokowi.

Baca Juga: Imbas Banjir, Jokowi Minta Rekonstruksi di Banten dan Jabar Diutamakan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya