Jokowi Minta Partai Hindari Politik Sektarian yang Halangi Persatuan

Jokowi sebut gotong royong cermin akhlak politik beradab

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengharapkan partai politik bisa membangun politik yang berakhlak dan beradab. Ia meminta agar partai menghindari politik sektarian atau politik yang menonjolkan identitas dan kelompok.

“Menjadi teladan dalam mendahulukan agenda-agenda politik kebangsaan dan kemanusiaan. Mengutamakan kemaslahatan dan keselamatan bangsa. Serta menghindari politik sektarian yang menghalangi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi di acara HUT ke-23 PAN, yang disiarkan secara virtual di kanal YouTube PAN TV, Senin (23/8/2021).

1. Jokowi sebut gotong royong cerminkan akhlak politik yang beradab

Jokowi Minta Partai Hindari Politik Sektarian yang Halangi PersatuanPresiden Jokowi menghadiri acara ulang tahun PAN yang ke-23. (youtube.com/PAN TV)

Jokowi mengatakan, kunci utama untuk mengatasi pandemik COVID-19 dan tantangan lainnya adalah kerja sama dan gotong royong. Sehingga, hal itu menjadi cermin dari akhlak politik yang berkeadaban.

“Saya percaya PAN selalu istiqomah mengusung obor reformasi dan nilai-nilai Keindonesiaan. Konsisten menjalankan politik amar maruf nahi munkar dalam koridor kebangsaan. Serta teguh memperjuangkan moderasi dan inklusifisme politik,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ingin Skema KPBU Dipakai buat Bangun Infrastruktur Semua Daerah

2. Jokowi harap PAN bisa terus tumbuh dan berkembang

Jokowi Minta Partai Hindari Politik Sektarian yang Halangi PersatuanIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kemudian, untuk PAN yang sudah berusia 13 tahun, Jokowi berharap partai tersebut bisa terus berkembang ke depannya. Tak lupa, ia juga mengucapkan selama hari ulang tahun pada PAN.

“Saya menyampaikan selamat ulang tahun ke-23 kepada Partai Amanat Nasional. Semoga PAN terus tumbuh, terus berkembang dan konsisten merekatkan kebangsaan serta menyuarakan kemajuan,” ujar orang nomor satu di Indonesia itu.

3. Jokowi harap Indonesia bisa segera menjadi negara maju

Jokowi Minta Partai Hindari Politik Sektarian yang Halangi PersatuanPresiden Jokowi beri pengarahan pada Purnapaskibraka 2021. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga turut berdoa agar Indonesia bisa segera menjadi negara maju.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang maha Kuasa, meridhoi segala ikhtiar bangsa kita. Sehingga kita bisa meraih Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tuturnya.

Baca Juga: Ditemani Anies, Jokowi Resmikan Jalan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya