Jokowi: Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan adalah Normalitas Baru

215 negara hadapi masalah kesehatan dan ekonomi yang rumit

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia telah membawa perubahan normalitas. Menurutnya, adaptasi kebiasaan baru dengan memakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan adalah normalitas yang baru.

"Bukan hanya normalitas terkait kesehatan, tetapi juga normalitas terkait budaya kerja dan cara kerja. Sekarang inilah saatnya kita memperkenalkan standar normalitas baru dalam kehidupan profesionalitas kita," kata Jokowi dalam Dies Natalis ke-63 Tahun UNPAD, Jumat (11/9/2020).

1. Tidak ada satu negara pun yang siap menghadapi pandemik COVID-19

Jokowi: Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan adalah Normalitas BaruDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan, Indonesia saat ini telah menghadapi tantangan yang sangat berat. Pandemik COVID-19, kata Jokowi, membawa banyak negara ke dalam suasana yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"215 negara harus menghadapi permasalahan kesehatan dan permasalahan ekonomi yang sangat rumit, sangat-sangat rumit. Tidak ada satu negara pun yang mempunyai pengalaman untuk itu. Negara maju maupun negara berkembang, sama-sama tidak siap menghadapi tantangan," tutur Jokowi.

Baca Juga: Soroti Paslon Gak Taat Protokol, Jokowi: Ada yang Bikin Konser!

2. Permasalahan COVID-19 harus dihadapi dengan cara yang tidak biasa

Jokowi: Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan adalah Normalitas BaruPerawat menangani pasien di Poli Pinere RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, pada 9 Juli 2020. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut bahwa permasalahan yang dihadapi 215 negara adalah masalah yang tidak biasa. Sehingga, menghadapinya harus dengan cara-cara yang tidak biasa juga.

"Tantangan yang extraordinary harus dihadapi dengan strategi yang extraordinary juga. Mindset harus berubah, budaya kerja kita harus berubah, cara kerja kita juga harus berubah," jelas dia.

3. Banyak perubahan standar keseharian masyarakat yang harus dilakukan

Jokowi: Pakai Masker, Jaga Jarak, Cuci Tangan adalah Normalitas BaruWarga memakai masker untuk menekan laju penyebaran virus corona di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada 30 April 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dalam kehidupan sehari-hari, ujar Jokowi, banyak perubahan dalam standar keseharian masyarakat yang dulu dianggap wajar, dan sekarang menjadi keharusan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga memakai face shield atau pelindung wajah.

"Kita harus bekerja dari rumah, kuliah dari rumah dan bersilaturahmi secara virtual, dan semua yang dulu dianggap tidak wajar, sekarang ini menjadi keharusan," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Kini Utamakan Kesehatan di Atas Ekonomi? Ini Penjelasan Istana

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya