Jokowi: Pedagang, Wartawan, Atlet, Pekerja Toko Semuanya Divaksinasi

Target vaksinasi tahap kedua sebanyak 38,5 juta orang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses vaksinasi tahap kedua yang dilakukan perdana kepada para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Usai meninjau proses vaksinasi, Jokowi berharap agar para pekerja publik seperti aparat keamanan hingga atlet bisa divaksinasi semua.

"Kita harapkan para pekerja publik, baik aparat keamanan, para pedagang pasar, wartawan, atlet, juga pekerja-pekerja di toko dan mal, semuanya akan divaksinasi," ucap Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Proses Vaksinasi Perdana Pedagang di Pasar Tanah Abang

1. Jokowi ingin proses vaksinasi di daerah lain segera dilaksanakan

Jokowi: Pedagang, Wartawan, Atlet, Pekerja Toko Semuanya DivaksinasiPresiden Jokowi mengenalkan Dewan Pengawas dan Lembaga Pengelola Investasi (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menuturkan, untuk vaksinasi tahap kedua ini, pemerintah menargetkan 38,5 juta orang yang divaksinasi, terdiri dari 16,9 juta pekerja publik dan 21,5 juta lansia. Dia berharap, daerah-daerah lain juga bisa segera dimulai vaksinasinya.

"Ini akan berjalan setelah di Provinsi DKI, di provinsi-provinsi lain, sehingga kita harapkan nanti jumlah yang divaksin setiap hari akan naik secara drastis," tutur Jokowi.

2. Jokowi sebut proses vaksinasi di Tanah Abang berjalan dengan baik

Jokowi: Pedagang, Wartawan, Atlet, Pekerja Toko Semuanya DivaksinasiJokowi meninjau proses vaksinasi Pedagang di Tanah Abang didampingi oleh Menkes BGS dan Gubernur Anies pada Rabu (17/2/2021) (Youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Dalam tahap kedua ini, pemerintah memang menargetkan untuk vaksinasi pelayan publik dan pekerja publik. Menurut Jokowi, vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang berjalan dengan baik.

"Hari ini kita lakukan di Pasar Tanah Abang. Sudah kita lihat, semuanya berjalan dengan baik, manajemen lapangan sangat baik," kata pria kelahiran Solo itu.

3. Ada 1.648 vaksinator yang disiapkan DKI Jakarta

Jokowi: Pedagang, Wartawan, Atlet, Pekerja Toko Semuanya DivaksinasiJokowi meninjau proses vaksinasi Pedagang di Tanah Abang didampingi oleh Menkes BGS dan Gubernur Anies pada Rabu (17/2/2021) (Youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Untuk vaksinasi tahap kedua ini dimulai dari pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Untuk teknis pelaksanaan vaksinasi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, hal itu sudah diatur direktur utama PD Pasar Jaya hingga ketua unit pasar.

"Sudah diatur sama dirut, sudah diatur sama jajaran sama ketua unit pasar," ujar Riza kepada awak media, Selasa 16 Februari 2021 malam.

Riza juga mengatakan Jakarta sudah menyiapkan 151 fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit hingga puskesmas sebagai pos vaksinasi. Dia juga mengklaim ada 1.648 vaksinator dengan kapasitas penyuntikan mencapai 19.741 per hari.

Baca Juga: Pedagang Pasar Tanah Abang Vaksinasi COVID Hari Ini, Begini Tahapannya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya