Jokowi Puji Film Indonesia: Sudut Pandang Ceritanya Tak Terpikirkan!

Jokowi apresiasi 4 film di FFI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo memuji perfilman Indonesia. Menurutnya, cerita di film-film Indonesia memiliki sudut pandang yang bahkan tak pernah terpikirkan olehnya.

Jokowi juga mengaku bangga karena di tengah pandemik COVID-19 ini, industri film Indonesia masih terus aktif menghasilkan karya bahkan meraih banyak prestasi gemilang di kancah internasional.

“Saya melihat memang bermacam-macam arah sudut cerita yang diambil, seperti tadi mengenai syariah yang ada di Aceh. Kemudian juga ada tadi mengenai perempuan, wanita-wanita yang ada di penjara yang melahirkan anak, invisible hopes dan yang lain-lainnya yang menurut saya sudut-sudut yang diambil, yang kadang-kadang kita tidak mempunyai pikiran ke arah itu,” kata Jokowi dalam sambutannya seperti yang disiarkan langsung kanal YouTube Festival Film Indonesia, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: 15 Potret Artis di Red Carpet FFI 2021, Iqbaal Ramadhan Bikin Salfok!

1. Jokowi beri penghargaan pada empat film ini

Jokowi Puji Film Indonesia: Sudut Pandang Ceritanya Tak Terpikirkan!Presiden Jokowi hadir di Festival Film Indonesia 2021 (YouTube/Festival Film Indonesia)

Jokowi menilai sudut-sudut pandang dalam film-film Indonesia sangat tajam dan bisa dikemas menjadi sebuah karya yang bagus. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengapresiasi empat film Indonesia yang berturut-turut mendapatkan penghargaan tertinggi di festival film internasional.

“Ada Edwin dengan karya Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang menjadi pemenang di Golden Leopard Locarno Film Festival, kemudian Kamila Andini melalui karya Yuni yang memenangkan platform Prize Toronto Internasional Film Festival, kemudian Tumpal Tampubolon melalui karya Laut Memanggilku memenangkan Sony Award Busan International Film Festival,” ucap Jokowi.

“Kemudian Monika Teja melalui karya Dear to Me memenangkan Junior Juli Award Special Open Doors Short Locarno Film Festival,” lanjutnya.

Baca Juga: 6 Film Indonesia di Sundance Film Festival, Membanggakan!

2. Jokowi harap semua stakeholder di perfilman Indonesia bisa kolaborasi dengan pusat perfilman dunia

Jokowi Puji Film Indonesia: Sudut Pandang Ceritanya Tak Terpikirkan!Presiden Jokowi hadir di Festival Film Indonesia 2021 (YouTube/Festival Film Indonesia)

Melihat banyaknya film-film Indonesia yang memenangkan penghargaan, Jokowi mengapresiasinya. Ia berharap para sineas, aktor dan aktris, serta seluruh stakeholder perfilman Indonesia untuk terus menguatkan kolaborasi dengan pusat-pusat perfilman dunia.

“Saya ucapkan selamat kepada para peraih Piala Citra dalam ajang FFI tahun 2021 yang diumumkan malam ini, semoga raihan prestasi ini menginspirasi karya-karya yang lebih baik di masa yang akan datang,” harap Jokowi.

Baca Juga: 17 Artis Indonesia Bintangi Film Adaptasi Korea, Terbaru Tiara Andini

3. Jokowi beri apresiasi tinggi kepada Usmar Ismail dan Jamaludin Malik

Jokowi Puji Film Indonesia: Sudut Pandang Ceritanya Tak Terpikirkan!Presiden Jokowi hadir di Festival Film Indonesia 2021 (YouTube/Festival Film Indonesia)

Tak hanya itu, Jokowi menyebut bahwa 66 tahun lalu Usmar Ismail dan Jamaludin Malik mempelopori penyelenggaraan FFI. Ia pun memberikan apresiasi yang tinggi.

“Enam puluh enam tahun yang lalu, Bapak Haji usmar Ismail dan Bapak Jamaludin Malik memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia,” tutur Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya