Jokowi: Rakyat Jangan Hanya Nonton, Tambang Diambil ke Luar Desa

Jokowi ingin BUM desa lakukan kegiatan berkualitas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perusahaan swasta, untuk melibatkan BUM Desa dalam kegiatannya. Hal itu diperintahkan Jokowi agar masyarakat di desa tidak hanya jadi penonton saja saat tambang dari desanya diambil.

"Jangan yang di desa hanya jadi penonton, lalu lalang, truk lalu lalang, hasil-hasil perkebunan yang gede-gede rakyat hanya menonton, melihat, melihat tambang diambil keluar dari desa, rakyat hanya melihat saja," kata Jokowi dalam pembukaan Rakornas BUM Desa, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Jokowi Perintahkan BUMN dan Swasta Libatkan BUM Desa dalam Kegiatan

1. Jokowi minta BUM desa fokus cari kegiatan yang tingkatkan ekonomi

Jokowi: Rakyat Jangan Hanya Nonton, Tambang Diambil ke Luar DesaPresiden Jokowi hadiri pembukaan Rakornas BUM Desa pada Senin (20/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi meminta BUM desa untuk lebih fokus mencari kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian. Dia menambahkan, BUM desa harus betul-betul memberikan manfaat untuk masyarakat.

"BUM desa bersama harus mengambil peran dalam kegiatan ekonomi bermanfaat, jangan sampai justru mematikan ekonomi rakyat yang sudah ada. Berorientasi pada pembentukan usaha baru yang belum ada, tapi dibutuhkan oleh masyarakat, bagaimana men-trigger, memacu agar ada usaha-usaha baru di masyarakat yang belum ada tapi dibutuhkan," ucap presiden.

2. Jokowi sebut pemerintah komitmen bangun RI dari desa

Jokowi: Rakyat Jangan Hanya Nonton, Tambang Diambil ke Luar DesaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Jokowi menyampaikan sejak 2014, pemerintah berkomitmen membangun Indonesia dari pinggir dan perbatasan. Sehingga pemerintah mulai membangun jalan-jalan di kampung hingga embung-embung desa.

"Yang kita bangun bukan hanya yang gede-gede saja, yang besar-besar saja, jalan tol misalnya, pelabuhan, atau airport atau bandara bukan itu saja, tapi juga jalan-jalan di kampung, jalan-jalan di desa, embung-embung di desa dan memperbaiki pasar-pasar rakyat yang ada di desa-desa," kata dia.

Baca Juga: Potret Jokowi Beli Jaket Lokal Blora, Harganya Rp350 Ribu

3. Jokowi harap hasil-hasil dari desa bisa masuk pasar ekspor

Jokowi: Rakyat Jangan Hanya Nonton, Tambang Diambil ke Luar Desa(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Jokowi memaparkan sejumlah komoditas yang bisa dihasilkan desa. Seperti di Kalimantan Timur, lidi dari kelapa sawit mempunyai peluang ekspor yang baik. Lalu, ada juga kopi dari semua daerah yang dinilai Jokowi bisa masuk pasar ekspor.

"Saya kemarin kaget ke Kabupaten Ngawi ada satu orang petani muda menghasilkan alpukat gede-gede sekali dengan culture jaringan, dengan tissue culture pisang juga gede-gede sekali. Seperti ini yang harus dikejar BUM desa dan BUM desa bersama, kalau kualitasnya seperti itu sangat gampang sangat mudah untuk mengekspor, kalau kualitas seperti kemarin," tutur dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya