Jokowi Resmi Lantik Gubernur Riau, Sohibul Iman Tak Hadir

PKS merupakan partai pengusung Gubernur dan Wagub Riau

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Istana Negara, Rabu (20/2). Pelantikan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

1. Jokowi pimpin jalannya pelantikan

Jokowi Resmi Lantik Gubernur Riau, Sohibul Iman Tak HadirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dengan mengenakan seragam putih resmi untuk pelantikan, Syamsuar dan Edy berdiri di hadapan Jokowi. Jokowi tiba di ruang pelantikan sekitar pukul WIB.

Selain Jokowi, terlihat juga Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan berdampingan saat tiba di ruang pelantikan. Di hadapan Syamsuar-Edy, Jokowi pun mulai memimpin jalannya pelantikan.

"Demi Allah saya bersumpah," kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti Syamsuar-Edy, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta demi berbakti kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti oleh keduanya.

Baca Juga: Ditarik Ulur Gerindra, PKS Keluhkan Proses Pemilihan Cawagub DKI

2. Sohibul Iman tak hadir dalam pelantikan Syamsuar-Edy di Istana

Jokowi Resmi Lantik Gubernur Riau, Sohibul Iman Tak HadirIDN Times/Irfan fathurohman

Pelantikan Syamsuar-Edy dihadiri oleh beberapa tokoh dan pejabat tinggi negara. Ketua umum dari partai pengusung Syamsuar-Edy pun hadir juga dalam pelantikan. Ketum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, ikut hadir dalam pelantikan. Namun, Ketua Umum PKS Sohibul Iman tak tampak dalam pelantikan mereka.

Diketahui, Nasdem, PAN, PKS, menjadi partai pengusung Syamsuar-Edy di Pilkada 2018. Mereka berhasil memenangkan kontestasi politik setelah mengalahkan petahana Arsyadjuliandi Rahman dan Suyatno.

3. Pejabat negara yang hadir

Jokowi Resmi Lantik Gubernur Riau, Sohibul Iman Tak HadirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain tokoh partai politik, adapun pejabat tinggi negara yang hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Baca Juga: Sohibul Ungkap Strategi Kunci PKS Menangkan Pilpres 2019

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya