Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut Aja

Tjahjo siap jalani perintah Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan segera mengumumkan lokasi ibu kota Indonesia yang baru. Rencananya, pengumuman tersebut akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8) pukul 13.00 WIB. 

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan dirinya hanya akan mengikuti segala keputusan Presiden terkait lokasi ibu kota baru. Ia meyakini Kementerian/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas) juga sudah mengkaji dengan baik.

Baca Juga: Jatamnas: Pemindahan Ibu Kota Negara Bisa Jadi Pintu Masuk Mafia Lahan

1. Tjahjo siap mengikuti keputusan Jokowi terkait ibu kota baru

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut AjaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tjahjo akan mengikuti segala keputusan Presiden tentang lokasi ibu kota baru. Mendagri juga akan melaksanakan segala perintah dari Jokowi untuk membangun ibu kota baru.

"Saya sebagai Mendagri, sebagai pembantu Presiden, saya ikut aja apa nanti yang diperintahkan oleh Presiden," kata Tjahjo di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

2. Tjahjo yakin Bappenas sudah merencanakan lokasi ibu kota baru dengan matang

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut AjaIDN Times/Irfan fathurohman

Tjahjo mengatakan pemilihan lokasi ibu kota baru telah melewati beberapa kajian. Ia juga yakin Bappenas sudah merencanakan hal itu dengan matang.

"Perencanaannya semua sudah digodok berlapis-lapis, bertahap-tahap oleh pihak Bappenas," ujar dia.

3. Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru siang ini

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut AjaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam video yang diunggah di akun YouTube Sekretariat Presiden yang berjudul "Upcoming LivePresiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru", disampaikan bahwa Jokowi hari ini akan mengumumkan lokasi ibu kota yang baru.

Di akhir video berdurasi satu menit itu disampaikan pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung hari ini, oleh akun Sekretariat Presiden tersebut.

4. Jokowi sebelumnya menyebutkan akan mengumumkan lokasi ibu kota baru akhir Agustus

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut AjaANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo mengatakan pengumuman ibu kota hari ini tidak berkaitan dengan pernyataan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. Menurut Eko, adapun pengumuman hari ini karena Jokowi sebelumnya menyebut ibu kota baru akan diumumkan akhir Agustus.

"Pengumuman hari ini karena Presiden sendiri sebelumnya sudah menyatakan akan mengumumkannya paling lambat akhir Agustus, sembari menunggu satu dua kajian lagi rampung," kata Eko saat dihubungi IDN Times, Senin (26/8).

Karena itu, menurut Eko, momen Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru karena memang sudah sesuai jadwal. Sehingga lokasi detail ibu kota baru memang sudah siap diumumkan ke publik.

"Artinya pengumuman hari ini memang sesuai schedule yang pernah Presiden sendiri sampaikan ke publik," ucap dia.

5. Pilihan lokasi ibu kota baru mengerucut ke Pulau Kalimantan

Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini, Mendagri: Saya Ikut AjaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pilihan tempat ibu kota baru sudah disampaikan Jokowi, yang mengerucut ke pulau Kalimantan. Pilihannya adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. Hal itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagramnya, @jokowi, pada 8 Agustus lalu.

"Selamat siang. Ibu kota negara kita akan pindah. Letaknya di Pulau Kalimantan. Di mana pastinya, sejauh ini telah mengerucut ke salah satu provinsi: bisa di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan," tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan segala aspek dalam proses pemindahan ibu kota mulai dari skema pembiayaan, desain kelembagaan, hingga payung hukum regulasi pemindahan ibu kota sedang dikaji lebih mendalam dan detail. Sehingga keputusan nanti benar dalam visi Indonesia ke depan.

Pengalaman negara-negara lain dalam pemindahan ibu kota, kata Jokowi, juga dipelajari untuk diantisipasi hambatannya. Sebaliknya, faktor-faktor kunci keberhasilan yang bisa diadopsi, memungkinkan untuk diadopsi.

"Dalam memutuskan pemindahan ibu kota ini, posisi saya bukan sebagai kepala pemerintahan, tetapi sebagai kepala negara. Kita harus melihat visi besar berbangsa dan bernegara untuk 10 tahun, 50 tahun, 100 tahun yang akan datang," tulis Jokowi di akhir unggahannya.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Akan Umumkan Ibu Kota Baru Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya