Comscore Tracker

Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Panggil Dirut Pertamina

Karena harga avtur kelewat mahal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kaget begitu mengetahui harga tiket pesawat yang naik secara signifikan. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara hari ulang tahun Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Senin (11/2) malam.

1. Jokowi dengarkan keluhan PHRI

Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Panggil Dirut PertaminaIDN Times/istimewa

Mendengar keluhan PHRI tentang harga tiket pesawat yang cukup mahal, Jokowi pun ungkapkan rasa kagetnya. Ia mengaku tidak tahu harga tiket pesawat naik signifikan.

"Berkaitan dengan harga tiket pesawat, saya terus terang kaget dan malam hari ini saya baru tahu," kata Jokowi di Hotel Sahid Jakarta, Senin (11/2).

Baca Juga: Partai Golkar Dukung Joko Widodo di Pilpres 2019. Ini Alasannya

2. Tiket pesawat mahal karena avtur yang mahal

Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Panggil Dirut Pertaminainstagram.com/rezaiqbal

Kemudian, Jokowi menyampaikan bahwa mahalnya harga tiket pesawat karena harga avtur yang dijual oleh Pertamina lebih mahal dari harga internasional. Jokowi menjelaskan, harga avtur nasional 30 persen lebih mahal dari harga Internasional.

Avtur adalah bahan bakar penerbangan jenis khusus berbasis minyak bumi, yang digunakan untuk pesawat.

"Mengenai avtur, yang ternyata avtur yang dijual di Soetta (Soekarno Hatta) itu dimonopoli oleh pertamina," ungkap Jokowi.

3. Jokowi akan panggil Dirut Pertamina

Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Panggil Dirut Pertaminamarketscreener.com

Jokowi menyampaikan akan segera memangil Dirut Pertamina untuk menindaklanjuti masalah avtur tersebut. Jokowi akan meminta Pertamina untuk menjual avtur dengan harga yang sama dengan harga internasional.

Apabila Pertamina tidak bisa, maka dia akan memberikan kesempatan ke perusahaan lain yang dapat menjual avtur di Indonesia.

"Besok pagi saya akan undang Dirut Pertamina, pilihannya hanya satu harganya bisa sama dengan harga internasional tidak, kalau tidak bisa, saya akan masukkan kompetitor lain sehingga terjadi kompetisi," ujarnya.

4. Jokowi sebut harga avtur harus dibenahi agar tercipta daya saing

Kaget Harga Tiket Pesawat Mahal, Jokowi Panggil Dirut Pertamina(Ilustrasi tarif bagasi pesawat LCC) IDN Times/Sukma Shakti

Menurut Jokowi, selisih harga avtur di dalam negeri dan Internasional yang terpaut jauh harus segera dibenahi. Hal itu diperlukan agar tercipta daya saing yang sehat dan akhirnya harga tiket maskapai menjadi kompetitif.

"Kalau ini terus-teruskan (dibiarkan mahal), ya nanti pengaruhnya ke harga tiket pesawat. Karena harga avtur itu menyangkut 40 persen dari cost yang ada di tiket pesawat," ucapnya.

Baca Juga: FOTO: Harga Pertamax Cs Turun, Dirut Pertamina Sidak ke SPBU

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You