Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun, Ini Kata Istana

Penanganan COVID-19 RI diklaim lebih baik dari negara lain

Jakarta, IDN Times - Hasil survei Indikator menyebut, tingkat kepuasan publik pada kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo turun menjadi 58,1 persen. Terkait hal itu, Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, mengatakan bahwa hasil survei Indikator tersebut akan menjadi evaluasi.

"Adapun beberapa kekurangan seperti yang ditunjukkan oleh survei tersebut menjadi evaluasi untuk perbaikan ke depan," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Survei Indikator: 44 Persen Responden Nilai Kondisi Ekonomi RI Buruk

1. Keberhasilan penanganan pandemik karena Jokowi terus bangun kerja sama

Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun, Ini Kata IstanaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dalam hasil survei juga disebutkan, sebesar 81,5 persen responden merasa puas dengan penerapan protokol kesehatan selama pandemik. Sementara, 77,6 persen responden menilai bahwa pemerintah tegas dalam menerapkan protokol kesehatan.

Mengenai hal itu, Fadjroel menyebut, keberhasilan penanganan pandemik karena adanya kerja sama antar semua elemen.

"Presiden Joko Widodo terus membangun kinerja kelembagaan pemerintahan sebagai kunci kesuksesan penanganan pandemik COVID-19," tuturnya.

2. Penanganan pandemik di Indonesia diklaim lebih baik dari negara lain

Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun, Ini Kata IstanaWarga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Fadjroel mengklaim, membaiknya kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan keberhasilan Jokowi dalam menangani pandemik. Bahkan, ia menyebut kondisi pandemik di Tanah Air lebih baik dari negara-negara lain.

"Kondisi Indonesia saat ini telah membuktikan bahwa kebijakan Presiden Joko Widodo berhasil mengatasi pandemik dibandingkan negara-negara lain. Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di dunia dalam penanganan pandemik COVID-19," kata Fadjroel.

3. Disebutkan, selama 2 tahun Jokowi bekerja mengatasi pandemik

Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Turun, Ini Kata IstanaJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 5 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fadjroel menyebut, selama dua tahun terakhir ini Presiden Jokowi telah bekerja untuk menyelamatkan Indonesia dari ancaman pandemik. Menurut dia, kebijakan Jokowi bertumpu pada aspirasi rakyat, sains, good governance, demokrasi, dan konstitusi.

"Oleh karenanya, Presiden menciptakan strategi yang sesuai (kontekstual) dengan kondisi sosial Indonesia yaitu pendekatan keseimbangan kesehatan dan ekonomi melalui praktik ‘gas dan rem’," ucap Fadjroel.

Baca Juga: Survei Indikator: Masyarakat Percaya PPKM Darurat Turunkan Angka COVID

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya