Kondisi Pesawat Lion Air JT 610 Disebut Layak Terbang

Black box pesawat belum ditemukan

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10). Pesawat jenis Boeing 737 MAX tersebut diduga jatuh sekitar 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. 

Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Kelas Utama Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Bagus Sunjoyo, mengatakan bahwa pesawat Lion Air JT 610 membawa 178 penumpang dewasa, 1 anak, dan serta 2 bayi. Ia pun menyampaikan kondisi pesawat sebelum lepas landas dalam keadaan layak terbang. 

Pesawat berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pukul 06.20 WIB, dan dinyatakan hilang kontak pada 06.31 WIB.

"Kondisi pesawat sampai dengan penerbangan terakhir dinyatakan layak terbang dinyatakan dengan tanda kelayakannya, begitu juga dengan air crew-nya, semua dalam kondisi fit, masih berlaku masa licence crew-nya," kata Bagus di Bandara Soekarno Hatta, Senin (29/10).

Bagus menerangkan saat ini pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan Basarnas dan KNKT. 

"Saya sudah koordinasi dengan pihak Basarnas dan KNKT bahwa badan pesawat belum ditemukan, begitu juga black box-nya belum ditemukan sampai saat ini," ungkap dia.

Hingga kini, Bagus menjelaskan terkait serpihan-serpihan pesawat yang diinformasikan melalui media, ia belum dapat memastikan apakah itu benar serpihan dari pesawat Lion Air JT610 atau bukan.

"Sampai saat ini body pesawat belum ditemukan masih dalam pencarian. Yang ada di layar TV masih serpihan-serpihan tapi apa betul itu serpihan dari pesawat, sampai sekarang belum kita pastikan," ujarnya.

Baca Juga: Lion Air JT 610 Jatuh, Basarnas: ELT Tidak Terdeteksi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya