Comscore Tracker

Mahfud MD: Benny Wenda Hanya Deklarasi di Twitter, Kenapa Harus Ribut?

Mahfud minta rakyat tidak perlu takut

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta masyarakat tidak perlu meributkan soal deklarasi yang dilakukan oleh Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda terkait Pemerintahan Sementara West Papua.

"Apalagi deklarasi kemerdekaan melalui Twitter. Kenapa kita harus ribut, orang saya tiap hari Twitter-an juga," kata Mahfud dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (3/12/2020).

1. Mahfud sebut Benny Wenda hanya membangun negara ilusi

Mahfud MD: Benny Wenda Hanya Deklarasi di Twitter, Kenapa Harus Ribut?Menkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Mahfud menuturkan Benny Wenda membuat negara ilusi. Maksudnya, negara yang tidak pernah ada faktanya. Sebab, menjadi sebuah negara dibutuhkan syarat-syarat. Sedangkan, Papua Barat tidak memenuhi persyaratan tersebut.

"Negara itu syaratnya ada tiga, syarat itu ada rakyat yang dia kuasai, ada wilayah dia kuasai, kemudian ada pemerintah. Dia tidak ada. Rakyatnya siapa, dia memberontak. Wilayahnya kita menguasai. Pemerintah siapa yg mengakui dia pemerintah, orang Papua sendiri tidak juga mengakui," jelas Mahfud.

Selain itu, kata Mahfud, menjadi sebuah negara harus mendapatkan pengakuan dari negara lain dan organisasi internasional.

"Dia tidak ada yang mengakui. Memang didukung satu negara kecil di Pasifik, namanya Vanuatu. Tapi kecil itu daripada ratusan negara besar. Vanuatu kan kecil dan tidak masuk juga ke organisasi internasional hanya disuarakan secara politik," ucap dia. 

Baca Juga: Benny Wenda Deklarasi Pemerintahan Sementara, KSP: Bisa Ditindak Hukum

2. Mahfud meminta rakyat tenang dan tidak perlu takut

Mahfud MD: Benny Wenda Hanya Deklarasi di Twitter, Kenapa Harus Ribut?Menkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Oleh karena itu, Mahfud meminta masyarakat untuk tidak meributkan hal itu. Sebab, Benny Wenda dianggap hanya membangun negara ilusi saja.

"Oleh sebab itu, rakyat tidak perlu terlalu takut. Itu kan ilusi saja. Apalagi deklarasi kemerdekaan melalui Twitter. Kenapa kita harus ribut, orang saya tiap hari Twitter-an juga," tutur Mahfud.

3. Benny Wenda mengklaim dirinya sebagai Presiden Sementara Papua dan Papua Barat

Mahfud MD: Benny Wenda Hanya Deklarasi di Twitter, Kenapa Harus Ribut?twitter.com/BennyWenda

Benny Wenda sebelumnya sempat mengumumkan bahwa pihaknya akan membentuk Pemerintah Sementara West Papua (menyangkut Papua dan Papua Barat secara tertulis dan dirilis ke publik pada Selasa, 1 Desember 2020. Benny sendiri merupakan Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yang mengklaim dirinya sebagai Presiden Pemerintahan Sementara Papua Barat.

“Kami siap untuk mengambil alih wilayah kami, dan kami tak akan lagi tunduk pada aturan militer ilegal Jakarta. Mulai hari ini, 1 Desember 2020, kami mulai menerapkan konstitusi kami sendiri dan mengklaim kembali tanah kedaulatan kami,” beber Wenda seperti dikutip melalui situs resmi ULMWP, Selasa (2/12/2020).

Menurut pemerintahan sementara yang dibuatnya, kehadiran negara Indonesia di Papua Barat adalah ilegal. Mereka juga menolak dan tidak akan memantuhi hukum serta pengenaan apa pun oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Media Asing Soroti Deklarasi Benny Wenda Bentuk Pemerintahan di Papua

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya