Mantan Wakapolri Hari Ini Dilantik Jadi Menpan RB

Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Menpan RB

Jakarta, IDN Times - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Syafruddin menggantikan posisi Asman Abnur, yang sebelumnya telah mengundurkan diri.

Ketua DPR Bambang Soesatyo membenarkan kabar pengangkatan Syafruddin sebagai Menpan RB. Ia mengatakan Syafruddin akan segera dilantik hari ini.

Baca Juga: Batal Jadi Cawapres Jokowi, Mahfud MD Akan Mengisi Kursi Menpan RB?

1. Ketua DPR membenarkan adanya pelantikan Menpan RB hari ini

Mantan Wakapolri Hari Ini Dilantik Jadi Menpan RBAntara Foto/Wahyu Putro

Bambang membenarkan Syafruddin akan dilantik hari ini dan mengaku telah menerima undangan pelantikan menteri Kabinet Kerja.

"Ya benar. Saya baru mendapat kabar dari kantor besok pagi jam 10 ada undangan pelantikan menteri Kabinet Kerja sisa jabatan 2014-2019 oleh Presiden RI di Istana Negara," kata Bambang saat dihubungi wartawan, Selasa malam (14/8).

Sementara, orang terdekat Jokowi yang enggan disebutkan namanya juga membenarkan, Syafruddin adalah nama terkuat sebagai calon pengganti Asman Abnur.

"Memang Pak Syaf. Salah satu nama yang kuat menggantikan Menpan RB adalah Pak Syafrudin," ujar dia saat dikonfirmasi Selasa malam.

Baca Juga: 4 Perkataan Wakapolri dan Sandiaga soal Politisasi Masjid Ini Bikin Hati Sejuk

2. Reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden

Mantan Wakapolri Hari Ini Dilantik Jadi Menpan RBIDN Times/Indiana Malia

Terkait Syafruddin yang akan menjabat sebagai Menpan RB, Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengungkapkan, penggantian menteri adalah sepenuhnya hak prerogatif presiden.

"Ya kan kita lihat besok saja siapa yang dipilih Presiden, setelah itu kita beri tanggapan. Tapi itu hak prerogatif presiden," ujar Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (14/8).

3. PDIP belum dapatkan undangan pelantikan

Mantan Wakapolri Hari Ini Dilantik Jadi Menpan RBIDN Times/Indiana Malia

Hasto sendiri mengaku belum mendapatkan undangan tentang pelantikan Syafruddin yang akan digelar hari ini. Dia hanya mendapatkan informasi melalui media massa tentang Syafruddin yang diangkat sebagai Menpan RB.

"Saya baru baca di media tadi. Tapi belum ada undangan," terang Hasto Selasa malam.

Siapa ya guys kira-kira nama yang akan menggantikan Pak Syafruddin di Polri?

Baca Juga: Menpan RB Resmi Mengundurkan Diri, Begini Penjelasan Asman

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya