Massa Sambut Rizieq di Bandara, Ingat Pesan Mahfud MD: Jangan Rusuh!

Mahfud peringatkan jangan sampai penyambutan berakhir kacau

Jakarta, IDN Times - Massa simpatisan Rizieq Shihab menyambut kedatangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu di Bandara Soekarno Hatta sejak Selasa pagi (10/11/2020). Penyambutan para pengikut Rizieq ini sebelumnya telah diwanti-wanti oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Dia memperingatkan jangan sampai penyambutan Rizieq tersebut berakhir kacau. Apabila ada yang rusuh dan membuat kekacauan, aparat keamanan tidak akan segan-segan untuk menindak.

"Yang penting jangan membuat kerusuhan, karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlak. Nah, kalau membuat kerusakan, itu berarti bukan pengikutnya Habib Rizieq. Kita sikat. Kalau pengikutnya Habib Rizieq yang tertib," ujar Mahfud dalam keterangan persnya yang ditayangkan di channel YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis 5 November 2020 lalu.

1. Mahfud minta massa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Massa Sambut Rizieq di Bandara, Ingat Pesan Mahfud MD: Jangan Rusuh!Menkopolhukam Mahfud MD sewaktu acara Dari Jogja untuk Indonesia - Mangayubagya Ketua Parampara Praja DIY, Prof. Dr. Moh Mahfud MD menjabat sebagai Menkopolhukam RI di Hotel Grand Ambarukmo, Sleman, Minggu (17/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Terkait penyambutan para pengikut Rizieq itu, Mahfud juga mengingatkan agar massa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pemerintah selama ini telah berupaya untuk mengkampanyekan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Pemerintah sekarang sedang dalam kampanye dan sosialisasi protokol kesehatan sebagai vaksin sementara sebelum datang vaksin yang sesungguhnya, maka protokol kesehatan supaya dipatuhi agar tidak saling memberi mudarat. Jangan saling menyulitkan antar umat. Jadi Anda jaga, orang lain jaga, silakan," bebernya.

Baca Juga: Rizieq Pulang, Jalan Menuju Bandara Soetta Macet Total Sejak Dini Hari

2. Mahfud minta aparat tak terlalu berlebihan dalam proses pengamanan

Massa Sambut Rizieq di Bandara, Ingat Pesan Mahfud MD: Jangan Rusuh!IDN Times/Galih Persiana

Di waktu berbeda, Mahfud juga kembali mengingatkan tentang massa yang harus tertiba saat menyambut Rizieq. "Revolusi akhlak itu akan menimbulkan kebaikan, oleh sebab itu semuanya harus tertib. Silakan menjemput, tapi tertib, rukun dan damai, seperti yang selama ini dianjurkan oleh Habib Rizieq,” kata Mahfud lewat siaran persnya, Senin (9/11/2020).

Mahfud juga mengimbau kepada aparat untuk tidak terlalu berlebihan dalam proses pengamanan di bandara. Menurut Mahfud, kepulangan Rizieq adalah hal biasa saja.

“Tetapi tidak usah berlebihan. Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang sifatnya represif, semuanya harus dikawal dengan baik. Sampai Rizieq tiba di kediamannya dengan baik dan selamat,” kata Mahfud.

3. Para simpatisan Rizieq berkumpul di Bandara Soekarno Hatta sejak subuh

Massa Sambut Rizieq di Bandara, Ingat Pesan Mahfud MD: Jangan Rusuh!IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pendiri FPI Rizieq Shihab akan tiba di Indonesia pada hari ini, Selasa (10/11/2020). Ratusan orang yang merupakan simpatisan Front Pembela Islam (FPI) bersiap menyambut kedatangan Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Mereka tampak duduk di lantai depan gedung Terminal 3 sambil melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif mengatakan rombongan penjemput Rizieq sudah menuju ke bandara.

"Ada 25 mobil penjemput yang masuk ke bandara," kata Slamet dikutip dari siaran langsung TvOne, Selasa (10/11/2020).

Slamet meminta para simpatisan untuk menjaga ketertiban, sehingga kemacetan di sekitar bandara Soekarno-Hatta bisa teratasi.

"Jangan lupa protokol COVID dilaksanakan. Rombongan penjemput keluarga saat ini sudah mengarah ke bandara," ujar Slamet.

Menurut pantauan TvOne, para simpatisan menuju bandara Soekarno-Hatta dengan berjalan kaki dari berbagai daerah. Sementara, Rizieq dikabarkan akan tiba di Indonesia pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Kepulangan Rizieq Jadi Trending Topic, Begini Komentar Warganet

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya