Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa Penjajahan

Bung Karno tak lepas dari bayang-bayang pengasingan

Jakarta, IDN Times - Presiden pertama RI Soekarno, dikenal sebagai proklamator. Masa lalu Bung Karno tak lepas dari bayang-bayang pengasingan dirinya oleh pemerintah kolonial Belanda.

Sering diasingkan dan dipenjara pemerintah Hindia Belanda, lantas dimana sajakah tempat pengasingan Bung Karno? Ini tempat-tempat pengasingan Soekarno di masa penjajahan.

1. Kota Ende

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa Penjajahanesdm.go.id

Lokasi pertama tempat pengasingan Bung Karno adalah Kota Ende, yang terletak di pesisir selatan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat ini dulu dikenal sepi dan sunyi. Bung Karno diasingkan di Kota Endara sekitar 1934-1938.

Bung Karno diasingkan sebagai tahanan politik bersama keluarga kecilnya. Dia diasingkan ke Kota Ende setelah menempuh perjalanan laut selama delapan hari. Penangkapannya oleh pemerintah Belanda dilakukan karena Soekarno bergabung dengan Partai Indonesia (Partindo).

Lokasi rumah pengasingan ini berada di Jalan Perwira. Rumahnya cukup mungil yang terdiri dari beberapa kamar, yang di dalamnya juga terpajang beberapa peninggalan benda-benda Bung Karno selama diasingkan.

Konon, Kota Ende menjadi salah satu yang menginspirasi Bung Karno dalam menentukan formulasi Pancasila. Inspirasi tersebut juga datang dari budaya dan alam yang ada di Ende.

2. Boven Digoel

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa Penjajahanquora.com

Lokasi selanjutnya adalah rumah pengasingan Boven Digoel. Boven Digoel adalah penjara alam yang didirikan pemerintah Hindia Belanda di Papua. Kondisinya cukup miris. Lokasi Boven Digoel paling terpencil, sehingga kecil kemungkinan bisa kabur dari tempat itu.

Selain itu, para tahanan yang ada di Boven Digoel juga terancam penyakit malaria yang kapan saja bisa merenggut dan menyereng mereka. Tempat pengasingan ini menjadi salah satu lokasi yang paling ditakuti para pejuang.

Kabar Soekarno yang diasingkan di Boven Digoel sempat dikatakan tidak benar. Sehingga belum dapat dipastikan apakah benar Soekarno ikut diasingkan ke tempat ini. Selain Soekarno, Hatta dan Sutan Sjahrir juga pernah diasikan di tempat ini.

Baca Juga: Sejarah Peci, Soekarno Orang RI Pertama yang Memadukannya dengan Jas

3. Berastagi

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa PenjajahanANTARA FOTO/ Irsan Mulyadi

Berastagi menjadi tempat selanjutnya pengasingan Soekarno. Berastagi terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pada 1948, Berastagi menjadi tempat pengasingan Soekarno saat Belanda melakukan Agresi Militer II.

Tak hanya Soekarno, Sutan Sjahrir dan Haji Agus Salim juga turut diasingkan bersama Soekarno. Tetapi mereka hanya diasingkan 12 hari. Dengan alasan keamanan, ketiganya dipindahkan ke pinggir Danau Toba.

4. Bangka

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa Penjajahanradarbangka.co.id

Setelah Berastagi, tempat pengasingan Soekarno selanjurnya adalah Pulau Bangka, yaitu Kota Muntok atau Mentok. Soekarno dipindahkan ke Bangka pada 1949. Ia pun menyusul jejak Hatta yang lebih dulu diasingkan di sana.

Keduanya ditempatkan di sebuat wisma di Bukit Menumbing. Mobil Ford berplat nomor BN 10 menjadi salah satu peninggalan Hatta yang masih dikenang hingga sekarang.

5. Penjara Bantjeuy

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa PenjajahanWikipedia

Tempat pengasingan Soekarno selanjutnya terletak di Bandung, yaitu Penjara Bantjeuy. Penjara ini dibangun sejak 1877. Penjara Bantjeuy menjadi penjara pertama, dimana Soekarno diasingkan di balik jeruji besi seluas 1,5 × 2,5 meter.

Soekarno diasingkan di penjara ini karena aktivitasnya di Partai Nasional Indonesia (PNI). Ia dipenjara selama delapan bulan bersamaan dengan tiga rekannya: Maskoen, Soepriadinata, dan Gatot Mangkupraja.

6. Penjara Sukamiskin

Mengenal Tempat Pengasingan Soekarno di Masa PenjajahanDok. IDN Times

Selain Penjara Bantjeuy, Penjara Sukamiskin menjadi tempat pengasingan Soekarno selanjutnya di Bandung. Soekarno mulai diasingkan di penjara ini sejak Desember 1930. Ruangan tempat Bung Karno terletak di ruang TA 01, lantai dua, dan Soekarno berada di Sukamiskin selama setahun.

Nah, buat kamu yang punya rencana bepergian ke tempat-tempat ini, jangan lupa singgahi tempat bersejarah ini ya guys, biar kamu bisa sedikit merasakan berada di tempat pengasingan.

Baca Juga: 5 Kutipan Bijak Soekarno ini Mengajarkan Kamu Tentang Optimis

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya