Menkes: Indonesia Dapat Tambahan Jutaan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Menkes harap target vaksinasi tercapai

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia akan mendapatkan tambahan vaksin COVID-19, yaitu Sinovac dan AstraZeneca. Tambahan vaksin ini merupakan hasil conference call Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan pemerintah Tiongkok.

"Alhamdulillah Bapak Presiden sudah melakukan conference call tingkat tinggi dengan pemerintah China dan hasilnya bagus. Di bulan ini kita mendapatkan tambahan vaksin dari Sinovac," ujar Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

1. Indonesia akan mendapat tambahan Vaksin Sinovac hingga 15 juta dosis

Menkes: Indonesia Dapat Tambahan Jutaan Vaksin Sinovac dan AstraZenecaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Budi menjelaskan, hasil diskusi Jokowi dan Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, yaitu adanya tambahan Vaksin Sinovac. Ia mengatakan tambahan vaksinnya mencapai 15 juta vaksin.

"Ada tambahan Vaksin Sinovac akan masuk antara 10 juta sampai 15 juta untuk bulan April dan Mei. Sehingga pesan saya ke seluruh jajaran kepala daerah, yuk kita suntikan lagi," kata Budi.

Baca Juga: 6 Juta Bulk Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia

2. Indonesia juga akan mendapatkan tambahan Vaksin AstraZeneca

Menkes: Indonesia Dapat Tambahan Jutaan Vaksin Sinovac dan AstraZenecaIlustrasi vaksin atau jarum suntik. IDN Times/Arief Rahmat

Selain itu Indonesia juga mendapatkan tambahan Vaksin AstraZeneca. Tambahan vaksin tersebut hasil negosiasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan The Global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI).

"Jadi rencananya akan datang nanti malam 3,8 juta vaksin dari AstraZeneca dalam skema GAVI dan nanti bulan depan datang lagi 2x3,8 juta," tutur Budi.

3. Budi berharap pada Agustus mendatang sudah banyak masyarakat yang divaksinasi

Menkes: Indonesia Dapat Tambahan Jutaan Vaksin Sinovac dan AstraZenecailustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan adanya tambahan vaksin ini, Budi berharap vaksinasi di Indonesia bisa kembali meningkat. Sehingga, saat ulang tahun pada 17 Agustus 2021 mendatang, Indonesia sudah mendapatkan hadiah dengan banyaknya rakyat yang divaksinasi.

"Mudah-mudahan 17 Agustus kita bisa memberikan hadiah bagi ulang tahun Republik Indonesia ini, jumlah orang yang divaksinasinya sudah cukup banyak, sehingga kita bisa mengendalikan pandemik ini," ucap dia.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya