Menkes Ungkap RI Kekurangan 3 Ribu Dokter Atasi Lonjakan COVID-19

Indonesia juga kekurangan 20 ribu perawat untuk atasi COVID

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia kekurangan sekitar 3 ribu dokter untuk menangani pasien COVID-19 karena lonjakan kasus. Tak hanya itu, Indonesia juga membutuhkan sekitar 16 ribu hingga 20 ribu perawat untuk menangani pandemik.

“Kita juga melihat ada gap sekitar 3 ribuan dokter yang harus kita penuhi dengan penambahan kasus ini,” ucap Budi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

1. Dokter yang selesai magang akan ikut tangani COVID-19

Menkes Ungkap RI Kekurangan 3 Ribu Dokter Atasi Lonjakan COVID-19Seorang tenaga kesehatan membuang baju hazmat usai bertugas merawat pasien di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa(15/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Budi menyebut ada sekitar 3.900 dokter yang akan selesai magang tahun ini. Sehingga, pemerintah bisa menyiapkan para dokter muda itu untuk langsung turun menangani pandemik virus corona.

“Kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus internship untuk segera masuk,” tutur mantan Wamen BUMN ini.

Baca Juga: Desak Vaksin Berbayar Dicabut, KontraS: Jokowi Jilat Ludah Sendiri!

2. Pemerintah akan percepat kelulusan peserta didik di sekolah keperawatan untuk bantu tangani COVID-19

Menkes Ungkap RI Kekurangan 3 Ribu Dokter Atasi Lonjakan COVID-19Dua orang tenaga kesehatan beristirahat sejenak saat menunggu pasien di ruang isolasi COVID-19 Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Tak hanya itu, saat ini Indonesia juga kekurangan perawat. Budi menyampaikan pemerintah akan mempercepat kelulusan peserta didik di sekolah keperawatan.

Nantinya, pemerintah akan merekrut perawat-perawat yang sudah lulus dan sudah mengantongi sertifikat.

“Atas instruksi Bapak Presiden, kami akan bicara dengan Pak Menteri Pendidikan bagaimana bisa menggerakkan perawat-perawat ini lebih cepat masuk ke praktik,” jelas Budi.

3. Tenaga kesehatan akan mendapatkan dosis vaksin ketiga

Menkes Ungkap RI Kekurangan 3 Ribu Dokter Atasi Lonjakan COVID-19Sejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Di samping itu, pemerintah juga terus memastikan tenaga kesehatan yang ada agar selalu sehat dan terlindungi dari COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah akan menyuntikkan vaksin dosis ketika bagi para dokter, perawat dan bidan. Vaksin yang akan digunakan untuk dosis ketiga ini adalah Moderna.

“Rencananya akan sesegera mungkin setelah kita finalisasi distribusi dengan asosiasi dokter, perawat, bidan untuk melakukan vaksinasi ketiga dengan Moderna bagi mereka. Dan akan dimulai secepat-cepatnya untuk melindungi mereka sebagai salah satu garda terdepan kita yang harus kita lindungi,” terang Budi.

Baca Juga: [BREAKING] Rekor Tertinggi! Kasus COVID-19 di RI Hari Ini Tambah 40.427

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya