Menko PMK Muhadjir: Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021 

Vaksinasi bidang pendidikan ditargetkan selesai Juni 2021

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan membuka sekolah tatap muka pada Juli 2021. Hal itu diikuti dengan program vaksinasi kepada pendidik dan tenaga pendidikan yang ditargetkan selesai pada Juni 2021.

"Sehingga pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021, diharapkan seluruh satuan pendidikan dapat menyediakan layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas," kata Muhadjir dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Kemendikbud RI, Selasa (30/3/2021).

Ketetapan ini dibuat berdasarkan keputusan empat menteri terkait pembelajaran tatap muka yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menterian Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.  

Baca Juga: Orang Tua Siswa Dukung Sekolah Dibuka: Anak Malas Sekolah Daring

1. Vaksinasi bagi para pendidik dan tenaga pendidikan masuk prioritas, target selesai Juni 2021

Menko PMK Muhadjir: Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021 Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Muhadjir menyampaikan, saat ini pemerintah juga melaksanakan program vaksinasi bagi para pendidik dan tenaga pendidikan, yang masuk dalam prioritas vaksinasi pemerintah. Sehingga, targetnya vaksinasi untuk sektor pendidikan akan selesai pada Juni 2021.

"Vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan ditargetkan selesai paling lambat bulan Juni 2021. Ini sesuai dengan komitmen dari Pak Menkes yang sekarang hadir," ucap dia.

2. Pemda diminta sosialisasi keputusan belajar tatap muka ke satuan pendidikan masing-masing

Menko PMK Muhadjir: Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021 Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan teknis bantuan sosial 2021 (Youtube.com/SekretariatPresiden)

Muhadjir menuturkan, kesuksesan implementasi keputusan empat menteri soal pembelajaran tatap muka ini sangat tergantung pada komitmen bersama. Menurutnya, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menjalin koordinasi sangat penting.

"Saya sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah untuk pelaksanaan keputusan empat menteri ini dengan turut memberikan sosialisasi kepada satuan pendidikan yang ada di wilayahnya masing-masing," ucap Muhadjir.

3. Muhadjir apresiasi rencana pembelajaran tatap muka terbatas yang dirancang Kemendikbud dan Kemenag

Menko PMK Muhadjir: Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021 Menko PMK Muhadjir Effendy (Dok. Humas Kemenko PMK)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengapresiasi rencana pembelajaran tatap muka terbatas yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag).

"Mudah-mudahan dengan SKB 4 menteri ini semuanya akan berjalan seperti yang kita harapkan," pungkas Muhadjir.

Baca Juga: Siap Belajar Tatap Muka, 7000 Pendidik Kemenag Jombang Divaksinasi 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya