Comscore Tracker

Menlu Inggris Bertemu Jokowi di Istana, Bahas Apa?

Pertemuan keduanya akan berlangsung siang ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengunjungi Indonesia pada Rabu (7/4/2021). Rencananya, dalam kunjungannya ke Indonesia ini, Dominic akan bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo siang nanti.

Dalam keterangan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Dominic berkunjung ke Indonesia guna menjalin hubungan bilateral yang lebih erat, serta membahas bagaimana mengatasi tantangan global utama seperti pandemik COVID-19, perubahan iklim dan kudeta di Myanmar.

"Di Jakarta, Menteri Luar Negeri Raab akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir H Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Mereka akan membahas berbagai kerjasama bilateral, serta isu-isu regional dan internasional," tulis keterangan Kedubes Inggris di Indonesia itu, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga: Inggris Ajak Indonesia Kolaborasi Lacak Varian Baru COVID-19

1. Menlu Inggris akan bertemu Jokowi membahas pandemik dan pemulihan dari dampak COVID-19

Menlu Inggris Bertemu Jokowi di Istana, Bahas Apa?(Menlu Inggris Dominic Raab) Pippa Fowles/10 Downing Street via EPA-EFE

Dalam pertemuan Dominic dengan Jokowi, keduanya akan membahas tentang perjuangan internasional melawan COVID-19 dan langkah-langkah untuk kembali bangkit dengan lebih baik. Selain itu, ada juga pembahasan mengenai pemulihan dari dampak pandemik secara ramah lingkungan, tangguh, dan inklusif

"Bagaimana bekerja sama dalam menegakkan aturan berdasarkan sistem internasional; ekonomi dan perdagangan bilateral, bagaimana membangun kemitraan perdagangan antara Inggris dan Indonesia yang saat ini bernilai £2,7 miliar (poundsterling)/tahun; perdamaian dan keamanan; lingkungan; kerja sama internasional dan keamanan siber," tulis keterangan mereka lagi.

2. Menlu Inggris akan bertemu Menkes Budi untuk bahas soal kerja sama atasi pandemik COVID-19

Menlu Inggris Bertemu Jokowi di Istana, Bahas Apa?Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Tak hanya bertemu Jokowi, Dominic rencananya juga akan bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membahas pentingnya kerjasama internasional dalam kesiapsiagaan pandemik, dan kerjasama bilateral di bidang kesehatan antara Inggris dan Indonesia. Termasuk dalam bidang telemedicine, penelitian melalui pendanaan pemerintah Inggris, Newton Fund serta sekuensing genom melalui pendanaan Inggris, Fleming Fund.

"Terakhir, Dominic Raab akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi seiring upaya Inggris untuk meningkatkan hubungan yang lebih dekat dengan organisasi yang teramat penting di kawasan ini," kata rilis Kedubes Inggris.

Baca Juga: Inggris Laporkan 30 Kasus Pembekuan Darah setelah Disuntik AstraZeneca

3. Kunjungan Menlu Inggris semakin mempererat hubungan Indonesia dan Inggris

Menlu Inggris Bertemu Jokowi di Istana, Bahas Apa?Dominic Raab, Menteri Luar Negeri Inggris. (Instagram.com/le_jdd)

Sementara, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Owen Jenkins mengatakan ia sangat senang menyambut Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di Indonesia.

Owen menjelaskan, kunjungan ini memperkuat persahabatan yang sudah terjalin baik antara Inggris dan Indonesia, dan merupakan bukti awal dari keinginan Inggris untuk lebih fokus di kawasan Indo-Pasifik dan juga fokus pada hubungan Inggris dengan negara-negara seperti Indonesia.

“Kami memiliki kerja sama bilateral yang berkembang di berbagai bidang. Kunjungan ini akan mengeksplorasi di mana kami dapat berbuat lebih banyak, dan kami berharap - membuat kemajuan yang baik,” kata Owen.

Baca Juga: Wacana Larangan Vaksin AstraZeneca untuk Pemuda Inggris

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya