Comscore Tracker

Moeldoko: Pak Wimar Jenaka Namun Kritis

Wimar Witoelar meninggal dunia di RS Pondok Indah

Jakarta, IDN Times - Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Wimar Witoelar, meninggal dunia, Rabu (19/5/2021). Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengucapkan duka mendalam.

"Hari ini beliau meninggal, hampir bersamaan dengan peringatan Hari Reformasi, 21 Mei. Insyaallah beliau mendapat anugerah husnul khotimah, diampuni segala salah dan khilafnya, dilipatgandakan pahala amal dan ibadahnya, serta mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT," kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/5/2021).

1. Wimar dinilai berani dan kritis

Moeldoko: Pak Wimar Jenaka Namun Kritis(Instagram/wimarwitoelar)

Moeldoko menilai, kelantangan Wimar itu membuat dirinya masuk dalam jajaran aktivis yang terpandang dan disegani sejak era itu hingga sekarang.

"Pak Wimar selalu memberi lontaran-lontaran jenaka namun kritis pada setiap program televisi yang dipandunya,” ujar Moeldoko.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Jubir Presiden Wimar Witoelar Meninggal Dunia

2. Wimar dikenal sebagai sosok pemikir dan pengayom

Moeldoko: Pak Wimar Jenaka Namun Kritis(Instagram/wimarwitoelar)

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyatakan bangsa Indonesia telah kehilangan Wimar yang selama ini dikenal sebagai sosok pemikir dan pengayom.

"Bapak Wimar Witoelar yang kami kenal adalah seorang sahabat yang selalu punya ide-ide genuine tentang Indonesia yang di glorifikasi melalui media komunikasi yang bernas. Melalui tangan dinginnya perspektif baru identik dengan namanya sekaligus pemikiran-pemikirannya. Pak Wimar mengajarkan kepada kita bagaimana mencintai Indonesia dengan kritis. Selamat jalan Pak Wimar,” kata Jaleswari.

3. Wimar meninggal dunia pukul 09.00 WIB

Moeldoko: Pak Wimar Jenaka Namun Kritis(Instagram/wimarwitoelar)

Wimar Witoelar meninggal dunia pada pukul 09.00 WIB di RS Pondok Indah. Kabar itu disampaikan oleh pianis dan komponis Ananda Sukarlan melalui Twitter-nya.

"Aduh, turut Berdukacita, om #wimarwitoelar, dulu jurubicara Presiden zaman #gusdur telah meninggal dunia. Surga tambah indah dgn humor anda yg berkelas, om. #RIPWimarWitoelar," cuit Ananda, Rabu (19/5/2021).

Sebelumnya sekitar pukul 06.00 WIB Ananda sempat mengunggah cuitan yang berisi doa untuk kesembuhan Wimar yang sedang dalam kondisi kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

Baca Juga: [BREAKING] Wimar Witoelar Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya