Pelibatan TNI dalam Memerangi Terorisme Tak Dipermasalahkan

RUU Terorisme segara disahkan

Jakarta, IDN Times - Tim perumus RUU Terorisme yang terdiri dari Pansus RUU Terorisme DPR RI dan pemerintah akan segera menyelesaikan undang-undang tersebut.

Setelah seharian membahas tentang definisi dan pasal-pasal krusial di dalam RUU, akhirnya, DPR RI akan membawa RUU Terorisme ke dalam rapat kerja (raker) bersama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, pada Kamis (24/5), di Gedung DPR RI.

1. Pasal-pasal krusial dalam RUU Terorisme telah dilakukan sinkronisasi

Pelibatan TNI dalam Memerangi Terorisme Tak DipermasalahkanIDN Times/Sukma Shakti

Ketua Pansus RUU Terorisme Muhammad Syafi'i mengatakan raker bersama Menkumham hari ini adalah menuntaskan sinkronisasi pasal-pasal yang terdapat dalam RUU Terorisme. Menurutnya, pembahasan nanti dengan Menkumham akan menjadi semakin mudah, karena akan dipastikan tidak ada lagi pasal-pasal yang bertentangan.

"Kemarin kami sampai tengah malam telah membahas pasal-pasal yang krusial dari mulai pasal 1 sampai 31 dan ke depan ini, kami rasa pembahasan akan lebih mudah karena hanya tinggal membahas pasal-pasal yang berkenaan dengan pencegahan, yakni kesiapsediaan nasional, kemudian kontra radikalisasi dan deradikalisasi," jelas Syafi'i di Gedung DPR RI, Kamis (24/5).

Baca juga: RUU Terorisme: Ini Dua Definisi Terorisme

Kemudian, lanjutnya, sinkronisasi semalam juga membicarakan pasal-pasal tentang pemulihan terhadap korban dengan medis dan juga psikologi.

"Kita harapkan dengan pembahasan timsin yang dikepalai oleh Pak Hanafi Rais ini kita akan bisa tuntaskan hari ini untuk memastikan tidak ada pasal-pasal yang bertentangan antara satu dengan yang lain," ucapnya.

2. Raker akan segera menyelesaikan definisi terorisme

Pelibatan TNI dalam Memerangi Terorisme Tak DipermasalahkanIDN Times/Sukma Shakti

Terkait definisi, ujar Syafi'i, akan segera diselesaikan pada raker bersama Menkumham nanti malam. Sehingga, keputusannya bisa segera dibawa ke paripurna.

"InsyaAllah nanti malam dengan pemerintah untuk mendengarkan pandangan mini fraksi. Kalau itu berjalan dengan lancar, InsyaAllah besok pagi kita sudah bisa melaksanakan rapat Bamus (Badan Musyawarah) untuk menetapkan paripurna," jelas Syafi'i.

Jika nanti malam semuanya bisa terlaksana dengan baik sesuai rencana, tambahnya, besok akan digelar paripurna untuk mengesahkan UU tersebut

"Maka kalau ini berjalan dengan baik, maka InsyaAllah Jumat barokah kita bisa menghasilkan UU yang membawa berkah kepada seluruh rakyat Indonesia," ujar dia.

3. Perlibatan TNI tidak dipermasalahkan

Pelibatan TNI dalam Memerangi Terorisme Tak DipermasalahkanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Untuk perlibatan TNI juga menurut Syafi'i tidak ada masalah. Dan itu adalah pembahasan yang paling cepat diputuskan dalam rapat tim sinkronisasi (timsin) semalam.

"Gak ada masalah di pembahasan timsin. Itu yang paling clear," lanjut dia.

Baca juga: Ini kata Fraksi PAN Soal Usulan Definisi Terorisme

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya